Dispar Sulbar kolaborasikan wisata bahari dan pegunungan

id Dispar Mamuju, wisata bahari Bulukumba

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulbar Farid Wajdi (Antaranews Sulsel/Amirullah/18)

Mamuju (Antaranews ) - Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Barat akan mengkolaborasi potensi wisata bahari atau laut dan pegunungan untuk membuat "event" atau kegiatan budaya menjadi ikon dalam meningkatkan kunjungan wisata ke daerah itu.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulbar Farid Wajdi, di Mamuju, Jumat mengatakan, daerah itu sudah memiliki kegiatan wisata yang berbasil kelautan, yakni Sandeq Race dan telah dikenal hingga ke mancanegara.

"Ke depan, kami akan mengkolaborasikan potensi wisata kelautan dan potensi wisata pegunungan dalam suatu event sehingga kegiatan itu dapat menarik perhatian yang nantinya dapat merangsang wisatawan, baik lokal maupun mancanegara untuk datang ke daerah ini," terang Farid Wajdi.

Ia mencotohkan, pada setiap tahun Provinsi Sulbar menggelar Sandeq Race yang merupakan lomba perahu tradisional khas Mandar, salah satu suku di Sulbar.

? Ke depan, Sandeq Race yang merupakan event budaya bahari atau laut itu tambahnya, akan dikolaborasikan dengan kegiatan budaya bernuansa pegunungan, seperti Festival Kalumpang.

"Di Provinsi Sulbar kaya akan potensi wisata baik dari unsur bahari maupun pegunungan. Itulah kekuatan Sulbar yang memiliki keragaman unsur budaya dan jika itu dikobaboraksikan kami optimistis, kunjungan wisata ke daerah ini akan semakin meningkat," ujarnya.

 "Kami akan terus mengoptimalkan potensi wisata yang ada di Provinsi Sulbar dalam rangka menggerakkan pariwisata di daerah ini. Seperti contohnya, Sandeq Race yang sudah menjadi kegiatan tahunan, ke depannya akan dipadukan dengan Tari adat Sayyo Kalumpang, begitu pun sebaliknya. Jadi, nanti kami akan berupaya menggelar satu kegiatan dengan berbagai penambilan budaya," jelas Farid Wajdi.

Dinas Pariwisata Provinsi Sulbar lanjut dia, akan terus menggali berbagai potensi wisata di daerah itu dengan melibatkan seluruh "stakeholder" atau pemangku kepentingan termasuk masyarakat.

"Kebetulan, saya baru menjabat Kepala Dinas Pariwisata Sulbar dan kami berkomitmen untuk menggali berbagai potensi wisata daerah ini agar ke depan, Sulbar dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di Indonesia," terang Farid Wajdi.

a juga meminta para komunitas pegiat budayl"Kami mengajak para penggiat budaya dan seni untuk berkreasi dan sebagai pemerintah kami akan membantu agar Provinsi Sulbar yang memiliki beragam budaya dan seni, dapat lebih dikenal tidak hanya di Indonesia tetapi hingga mancanegara," kata Farid Wajdi.

 
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar