Gebyar perbenihan nasional hadirkan 105 varietas

id Gebyar perbenihan nasional,105 varietas,Fitriani ,Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulsel,maros

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKPTPH) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Fitriani. (ANTARA FOTO/Nurhaya J Panga)

"Ada 105 varietas benih unggul nasional, dan unggul lokal tanaman padi, kedelai, jagung dan tanaman pangan lainnya yang akan kami pamerkan...
Makassar (Antaranews Sulsel) - Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan Tingkat Nasional VI Tahun 2018 yang akan digelar di Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan pada 23-26 Oktober menghadirkan 105 varietas dari berbagai jenis tanaman pangan.

"Ada 105 varietas benih unggul nasional, dan unggul lokal tanaman padi, kedelai, jagung dan tanaman pangan lainnya yang akan kami pamerkan di acara tersebut," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulsel, Fitriani yang ditemui usai rapat terkait persiapan acara tersebut di Makassar, Selasa.

Benih-benih tanaman tersebut, kata dia, telah ditanam di lokasi acara pada areal seluas 5 hektare, sehingga pada saat pelaksanaan kegiatan, para pengunjung dapat menyaksikan penampakan morfologi tanaman yang berasal dari benih unggulan itu.

Fitriani menjelaskan kegiatan Gebyar Perbenihan ini telah menjadi agenda tahunan, dan tahun ini Sulsel memperoleh kepercayaan sebagai tuan rumah.

Kegiatan ini, lanjutnya, akan melibatkan Kementerian Pertanian, dan Pemerintah Provinsi serta para pelaku usaha perbenihan.

"Kami berharap Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dapat hadir dalam pembukaan," ujarnya.

Sementara Penjabat Sekretaris Daerah Tautoto Tanaranggina yang memimpin rapat pemantapan pelaksanaan Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan tersebut mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat melestarikan plasma nutfah dan mendukung industri benih nasional.

"Kami berharap dengan koordinasi yang baik, kegiatan ini akan berhasil dalam berbagai aspek," kata dia.
Pewarta :
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar