Mentan: setiap tahun asuransi petani Rp4,1 triliun

id amran sulaiman,menteri pertanian,asuransi petani,Universitas Cokroaminoto ,makassar

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menjelaskan komitmen pemerintah dalam program asuransi bagi petani dan nelayan untuk memberikan rasa aman dalam meningkatkan produksi, usai memberikan kuliah umum di Universitas Cokroaminoto Makassar, Jumat (2/11/2018). (Foto Antara/Abd Kadir)

"Apa yang kami lakukan dengan memberikan asuransi yakni memberikan rasa aman bagi para petani untuk berproduksi demi kesejahteraan mereka," jelasnya.
Makassar (Antaranews Sulsel)- Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan pihaknya menyiapkan anggaran untuk asuransi bagi para petani dan peternak di Indonesia  setiap tahun mencapai Rp4,1 triliun.

 "Jadi kita mencover para petani dan peternak dengan asuransi untuk memberikan rasa aman melakukan produksi etiap tahun," kata Mentan Amran Sulaiman usai memberikan motivasi bagi mahasiswa Universitas Cokroaminoto di Makassar, Jumat.

Ia menjelaskan, anggaran yang disiapkan untuk asuransi petani itu bersumber dari APBN yang juga merupakan hasil atau sumbangsi penghematan yang dilakukan kementerian pertanian di antaranya peniadaan anggaran pembelian mobil, pengecekan kantor, dan acara seremonial yang dianggap tidak perlu.

"Apa yang kami lakukan dengan memberikan asuransi yakni memberikan rasa aman bagi para petani untuk berproduksi demi kesejahteraan mereka," jelasnya.

Untuk asuransi ini sendiri, kata dia, untuk memberikan rasa aman bagi petani atas bencana alam, banjir, kekeringan yang membuat tanaman puso, termasuk bagi asuransi peternak yang ditanggung jika hewan peliharaannya mati.

 "Untuk anggaran tahun depan belum ditetapkan, namun tetap ada. Kami sebelumnya hanya fokus untuk sawah tapi kini sudah ada juga asuransi sapi.Ini merupakan komitmen Presiden untuk kesejahteraan rakyat," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar