Sekretariat DPRD Sulsel Kunjungi Bali Perluas Informasi

id Kunjungan kerja,DPRD Sulsel,Sekertariat DPRD Sulsel,DPRD Bali,Penyebarluasan informasi,Publikasi,Provinsi Bali,Anggota DPRD

Kepala Bagian Perundang - undangan dan Informasi DPRD Provinsi Sulsel, Surya Darma Thomas (kiri) menyerahkan plakat kepada Kepala Sub Bagian Perencanaan DPRD Provinsi Bali, I Made Sumardika (dua kanan) disaksikan ketua Pokja Wartawan DPRD setempat, Komang (kanan) di kantor DPRD Bali, Jumat, (2/11).

Bali (Antaranews Sulsel) - Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kunjungan kerja ke DPRD Provinsi Bali sebagai bentuk penguatan kemitraan antarsesama sekertariat legislatif dalam penyebarluasan informasi kerja-kerja di  dewan.

"Kami disini memiliki program tentang penyebarluasan informasi kepada publik salah satunya coffee morning atau ngopi bersama dewan perwakilan rakyat," sebut Kepala Sub Bagian Perencanaan DPRD Provinsi Bali, I Made Sumardika di Bali.

Selain itu, kerja-kerja penyebaran informasi dewan setempat juga ditopang dengan hadirnya forum wartawan yang berposko di DPRD Bali untuk membantu menyampaikan kepada khalayak umum dalam bentuk informasi pemberitaan.   

"Kami di sini, ada juga forum wartawan yang posting di DPRD Bali. Jumlah  sebanyak 18 media, terdiri dari media cetak, Media Dalm Jaringan (Daring) atau online serta elektronik. Mereka sangat membantu kami dalam penyebaran informasi" papar Sumardika saat menerima perwakilan Sekertariat DPRD Sulsel bersama sejumlah awak media yang diikutkan dalam kunjungan di aula kantor dewan setempat.

Menurut dia, seringkali dilakukan  diskusi-diskusi bersama wartawan untuk membahas berbagai persoalan serta masalah yang timbul untuk dicarikan solusi agar permasalahan tersebut bisa segera diselesaikan.

Faktor lain yang mendukung kelancaran informasi agar diketahui publik kerena adanya kedekatan emosional antara Sekertariat, anggota DPRD dengan wartawan, bahkan disiapkan ruang diskusi khusus membahas sejumlah persoalan masyarakat yang dilaksanakan per triwulan.
  
Untuk jumlah anggota legislatif di DPRD Bali, sebutnya sebanyak 55 orang,  jumlah tersebut merupakan dari sejumlah Partai Politik yang ikut Pemilu 2014 lalu.
   
Sementara Kepala Bagian Perundang - undangan dan Informasi DPRD Provinsi Sulsel, Surya Darma Thomas pada kesempatan  itu mengatakan, tujuan kunjungan tersebut selain menjalin hubungan sesama Sekertariat, juga untuk mengetahui kemitraan dengan media cetak dan elektronik yang merupakan bagian dari  penyebarluasan informasi di DPRD Bali.
   
"Tujuan kami kesini, selain membangun hubungan baik dengan Sekertariat DPRD Bali, sekaligus ingin mengetahui bagaimana sinergitas antara media dengan dewan serta metode penyebarluasan informasi seperti bentuk peliputannya, muaranya seperti apa. Ternyata ada wadah diskusi yang dibangun dalam menyelesaikan masalah," katanya.

Melalui kunjungan tersebut, kata pria akrab disapa Surya ini  mengemukakan, bisa diketahui kekurangan untuk diperbaiki dan kelebihan dapat dibagikan atau saling mengisi satu sama lain. Sehingga program dalam bentuk penyebarluasan informasi badan publikasi dilaksanakan. Untuk jumlah anggota DPRD Sulsel sebanyak 85 orang.
 
Rombongan Sekertariat DPRD Provinsi Sulsel, bersama awak media foto bersama di halaman kantor DPRD Provinsi Bali, Junat. (2/11). Foto Darwin Fatir

     Tidak hanya Bali, kunjungan kerja seperti ini telah dilakukan sebelumnya di provinsi lain di Indonesia untuk mempelajari bagaimana kalaborasi Sekertariat  DPRD dengan media dalam menjalankan fungsi-fungsi di dewan.
 
"Kami juga ingin mengetahui bagaiamana caranya membuat press relase atau laporan tertulis yang baik  terutama  kerja Panitia Khusus dalam membuat  Peraturan Daerah untuk disiarkan kepada masyarakat  secara berkesinambungan," tambah dia.

Kunjungan kerja tidak hanya di kantor DPRD Bali, rombongan berkesempatan mengunjungi ke kantor redaksi Bali Pos di jalan Kepundung nomor 67 A, Kota Denpasar Bali. Selain itu potensi pariwisata dan pengelolaannya juga menjadi salah satu bahan pemberitaan dalam kunjungan tersebut.


 
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar