Industri manufaktur Sulbar tumbuh 29,11 persen

id suntono,kepala bps sulbar,industri manufaktur tumbuh 29.11 persen

Badan Pusat Statistik (Istimewa)

Pertumbuhan manufaktur mikro dan kecil di Sulbar pada bulan Juli sampai September atau triwulan III tahun 2018 sebesar 29,11 persen pertumbuhan tersebut terjadi pada kelompok Industri manufaktur
Mamuju (Antaranews Sulsel) - Industri manufaktur mikro dan kecil di Sulawesi Barat pada Juli - September atau triwulan III 2018 mengalami pertumbuhan sebesar 29,11 persen terhadap industri manufaktur triwulan sebelumnya.

"Pertumbuhan manufaktur mikro dan kecil di Sulbar pada bulan Juli sampai September atau triwulan III tahun 2018 sebesar 29,11 persen pertumbuhan tersebut terjadi pada kelompok Industri manufaktur," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulbar, Suntono di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan, pertumbuhan itu diantaranya terjadi pada makanan sebesar 61,02 persen, kelompok Industri Pakaian Jadi sebesar 35,41 persen, kelompok industri alat angkutan lainnya sebesar 33,68 persen, kelompok industri Barang Galian bukan logam sebesar 18,42 persen.

Kemudian kelompok industri pengolahan lainnya sebesar 8,83 persen, kelompok industri kayu, barang dari kayu, dan gabus tidak termasuk furnitur dan barang anyaman dari bambu, rotan dan sejenisnya sebesar 5,31 persen, dan kelompok industri tekstilsebesar 4,18 persen.

Sedangkan kelompok industri yang mengalami penurunan produksi antara lain terjadi pada kelompok industri barang logam, bukan mesin dan peralatannya turun 25,13 persen.

Sementara itu, kelompok industri furnitur turun 24,14 persen, kelompok Industri percetakan dan reproduksi media rekaman turun 11,57 persen, kelompok Industri Bahan Kimia dan?barang dari bahan kimia turun 6,54 persen, dan kelompok industri minuman turun 0,67 persen.

Menurut dia, industri manufaktur di Sulbar sebagian besar merupakan industri manufaktur mikro dan kecil. Jumlah industri manufaktur mikro dan kecil yang relatif banyak serta dengan modal yang tidak terlalu besar sebagai wahana dalam penyerapan tenaga kerja serta menumbuhkan rasa wirausaha di kalangan masyarakat di Sulbar.
Pewarta :
Editor: Amirullah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar