Dinas UKM Sulsel rangsang anak berjiwa pengusaha

id Dinas UKM, rangsang remaja berjiwa pengusaha, Makassar,abdul malik faisal

Arsip. Regional Head Bank Danamon wilayah Sulampua Hengky Tanring (kanan) bersama Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel H Abdul Malik Faisal (kiri) pada workshop "Solusi Sukses UKM" di Makassar, Selasa malam (27/3/2018) (ANTARA foto/ S. Mappong)

"Dari apa yang kita lakukan saat ini, mungkin baru akan terlihat 15 sampai 20 tahun kedepan. Namun kita memang harus memulai dari sekarang dan berharap lahir para wirausahawan hebat," ujarnya.
Makassar (Antaranews Sulsel) - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskop-UMKM) Sulsel, Abdul Malik Faisal mengatakan pihaknya pada 2019 akan fokus merangsang jiwa pengusaha (enterpreneur) anak remaja sebagai upaya melahirkan pengusaha-pengusaha baru di daerah tersebut.

Kadis Koperasi dan UKM Sulsel Abdul Malik di Makassar, Rabu, mengatakan upaya memperkenalkan dunia usaha kepada anak kecil tentu tidak secara langsung namun melalui pelatihan dan didikan orang tua.

"Kami sebelumnya telah berkumpul dan membahas bagaimana bisa menciptakan lebih banyak wirausaha baru di ?Sulsel, sehingga untuk 2019, kita akan fokus menanamkan jiwa enterpreneur melalui orang tuanya," katanya.

Dan dari pihaknya, selanjutnya akan menurunkan para tenaga pendidik untuk pelatihan bagi orang tua.Untuk itu penting adanya sinergi antara pengurus PKK dan Dekranasda.

Sebelum turun dan berbagi ilmu enterpreneur ke masyarakat, kata dia, pihaknya tentu lebih dulu mempersiapkan diri termasuk meningkatkan pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Menurut dia, untuk membangun peradaban baru tentu bukan hanya membutuhkan dukungan infrastruktur namun juga mempersiapkan manusia yang berdaya saing khususunya menghadapi pasar bebas dan industri 4.0.

"Dari apa yang kita lakukan saat ini, mungkin baru akan terlihat 15 sampai 20 tahun kedepan. Namun kita memang harus memulai dari sekarang dan berharap lahir para wirausahawan hebat," ujarnya.

Diskop UMKM Sulawesi Selatan sebelumnya telah menyiapkan wirausahawan muda melalui Program Young Entrepreneur School Sulsel (YESS).

Program ini diharapkan mampu membuka cara pikir para generasi milenial atau generasi muda untuk menjadi entrepreneur atau wirausahawan.

"Bagaimana agar saat selepas SMA sudah memiliki `mind set` pengusaha, yang tadinya mau menjadi pegawai, birokrat, PNS, Insya Allah setelah SMA mau menjadi entrepreneur," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar