Kejati Sulsel selamatkan uang negara Rp200 juta

id kejati sulsel,kepala kejaksaan tinggi sulsel,tarmizi,Kejati Sulsel selamatkan uang negara

Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, Tarmizi, memberikan keterangan kepada wartawan di Makassar, Kamis (31/10/2018). (Foto Antara/Darwin Fatir)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat selama 11 bulan lebih hanya mampu menyelamatkan keuangan negara sebanyak Rp200 juta dari beberapa kasus yang ditangani.

"Total penyelamatan keuangan negara yang kami selamatkan dari bulan Januari hingga November itu untuk kejaksaan tinggi sebanyak Rp200 juta," ujar Kepala Kejati Sulsel Tarmizi di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan penyelamatan uang negara secara keseluruhan itu bersumber dari beberapa kasus korupsi yang ditangani khususnya pada bagian tindak pidana khusus (pidsus) kejati.

Khusus untuk Bidang Pidsus Kejati Sulselbar telah berhasil menyelamatkan kerugian negara sebesar Rp200 juta sedangkan pada tingkat jajaran di kejaksaan negeri penyelamatannya sebanyak Rp2,8 miliar.

"Kalau di kejati sebanyak Rp200 juta kalau diseluruh kejaksaan negeri lebih banyak lagi dan totalnya itu lebih dari Rp2,8 miliar yang berhasil kita selamatkan," katanya.

Tarmizi menyebutkan, kerugian keuangan negara yang diselamatkan itu, disita dari beberapa kasus korupsi yang ditangani jaksa penyidik periode Januari hingga November 2017.

"Uang negara itu, disita dari sejumlah kasus korupsi yang penanganannya ada yang masih penyelidikan dan penyidikan. Ada pula yang sudah penuntutan," ucapnya.

Menurut Tarmizi untuk penanganan kasus sendiri selama 11 bulan terakhir sebanyak 14 kasus dalam tahap penyelidikan. Sementara ditingkat penyidikan sebanyak lima kasus.

Untuk di tingkat kejaksaan negeri, pada tahap penyelidikan sebanyak 63 kasus dan penyidikan sebanyak 52 Kasus.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar