SAR Damkar Makassar sisir pantai cari korban tenggelam

id sar makasar

Tim SAR Gabungan melakukan briefing sebelum pencarian jasad korban tenggelam KM Nggapulu di Perairan Makassar, Kamis. (Foto ANTARA/Muh. Hasanuddin)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Tim Water Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Makassar melanjutkan pencarian korban tenggelam dari Kapal Motor (KM) Nggapulu di Perairan Barombong, Makassar, Senin (31/12).

Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran Makassar, Hasanuddin, Kamis, mengatakan, pencarian korban tenggelam akan diperluas hingga ke Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

"Hari ketiga ini tim sudah siap dan akan menyisir dari bibir pantai di Pelabuhan Galesong, Kabupaten Takalar sampai ke perairan Makassar," ujarnya.

Ia mengatakan, pencarian korban tenggelam dari KM Nggapulu pada akhir 2018 itu dilakukan setelah tiga hari kejadian jasad korban Hurasio L Tobing yang melompat dari kapal belum juga ditemukan.

Sejumlah regu pencari dan penyelamat (SAR) telah melakukan pencarian di berbagai titik, baik dari titik awal korban loncat hingga ke muara-muara pantai.

"Kita terus melakukan pencarian hingga jasad korban ditemukan. Ini sudah hari ketiga dan pencarian kita perluas lagi hingga ke muara-muara," katanya.

Hasanuddin menjelaskan, proses penyisiran yang dilakukan oleh timnya dilakukan dengan dua metode yakni penyisiran di laut dengan menggunakan perahu karet kemudian menyisir di sepanjang bibir pantai.

"Jadi ada yang menyisir di laut dengan menggunakan perahu karet, sedang tim lainnya akan menyisir dari bibir pantai Galesong, Kabupaten Takalar sampai bibir pantai Barombong Makassar," katanya.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, melakukan pencarian korban tenggelam penumpang Kapal Pelni KM Nggapulu, Hurasio L Tobing (Lakis) di perairan Barombong, Makassar.

Pencarian korban tenggelam, kata Koordinator Lapangan BPBD Makassar Nurhidayat Sukardin melibatkan banyak unsur SAR diantaranya Basarnas, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar serta SAR lainnya.

Korban Huraiso L Tobing melompat dari Kapal Pelni KM Nggapulu rute Pelabuhan Bau-bau menuju Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar