Gubernur dan delapan bupati/wali kota terima penghargaan ANTARA Kalsel Award

id antara award kalsel

Para kepala daerah se-Kalsel yang menerima penghargaan bidang pembangunan dari LKBN ANTARA di Banjarmasin, Rabu (9/1/2019). (Foto ANTARA/M. Taupik Rahman)

Banjarmasin (Antara News) - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor bersama delapan bupati/wali kota se-Kalsel menghadiri acara penyerahan penghargaan ANTARA Kalsel Award dan Gathering 2019 sebagai rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-81 LKBN ANTARA, yang berlangsung di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Rabu.

Kegiatan penyerahan penghargaan ANTARA Kalsel Award dan Gathering 2019 itu dihadiri dan diserahkan langsung oleh Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Meidyatama Suryodiningrat.
 
Para kepala daerah penerima penghargaan ANTARA Kalsel Award 2019 yang turut dihadiri Direktur Pemberitaan LKBN ANTARA Ahmad Munir.itu antara lain Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, Bupati Banjar KH Khalilurrahman, Bupati Tapin Arifin Arfan, Bupati Kotabaru Sayed Ja'far, Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) A Chairansyah, Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani, Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Abdul Wahid dan Bupati Balangan H Ansharuddin, dan Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad.
 
Selain itu juga Ketua DPRD Kalsel H Burhanuddin dan Ketua DPRD Kotabaru Hj Alfisyah, serta perwakilan dari berbagai pejabat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta di Kalsel.

Direktur Utama Perum LKBN ANTARA  Meidyatama Suryodiningrat mengucapkan terimakasih kepada para kepala daerah yang hadir di acara ini, yakni, ingin mengenal lebih dekat dengan kantor berita milik negara ini.

Dimas --sapaan Meidyatama Suryodiningrat mengatakan penghargaan yang diberikan tersebut bukan merupakan penilaian kinerja ataupun penilaian prestasi semata, melainkan sebagai salah satu penghargaan terhadap kinerja yang telah dicapai dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia dari wilayah Kabupaten/kota dan lingkupnya masing-masing.

Selain itu juga sebagai ekspose kepada masyarakat luas, terkait berbagai terobosan dan kemajuan serta inovasi yang dihasilkan oleh pemerintah masing-masing kabupaten/kota bahkan hingga provinsi. "Tanggungjawab pemberitaan di LKBN ANTARA bukan hanya kepada masyarakat lokal bahkan nasional semata, namun juga secara internasional. Sehingga pemberitaan di ANTARA lebih kepada hasil-hasil yang telah dicapai oleh pemerintah serta manfaatnya bagi masyarakat luas, yang disajikan dengan beberapa bahasa yang diakui di dunia," tuturnya.
Dirut LKBN Antara, Meidyatama Suryodiningrat (kanan) menyerahkan penghargaan ANTARA Kalsel Award 2018 kepada Bupati Balangan H Ansharuddin (kiri) disaksikan oleh Kabiro Antara Kalsel, Nurul Aulia Badar di Banjarmasin, Rabu (9/1/2019). (Foto ANTARA/Roly Supriadi)


Sementara itu Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengapresiasi atas peran ANTARA selama ini yang menjadi laboratoriumnya media dan memberitakan hasil-hasil pembangunan seluruh Indonesia. "Penghargaan ini juga menjadi motivasi kepada seluruh kepala daerah se Kalsel atas hasil kerja kerasnya memajukan kabupaten masing-masing," katanya.


Sahbirin Noor memberikan apresiasi terhadap LKBN ANTARA sebab merupakan lembaga berita yang bersejarah. "ANTARA hari ini banyak memberi penghargaan, ini luar biasa," paparnya.
 
Menurut dia, pemerintah daerah harus memanfaatkan ANTARA sebagai penyebar berita pembangunan. "LKBN ANTARA saya anggap laboratoriumnya berita nasional, yang pasti dipercaya," pungkasnya.

Dengan berbagai pertimbangan seperti Bupati Balangan, H Ansharuddin diganjar penghargaan ANTARA Kalsel Award 2018 yang diserahkan langsung oleh Direktur Utama LKBN ANTARA Meidyatama Suryodiningrat karena dinilai mampu memberikan jaminan kepada masyarakat, mengenai tersedianya pelayanan kesehatan berkualitas sesuai kebutuhan medisnya, mulai dari promosi kesehatan hingga pencegahan, perawatan, rehabilitasi dan perawatan paliatif, secara berkeadilan dan perlindungan terhadap risiko finansial.

Begitu juga Bupati Balangan Ansharuddin mengungkapkan, tak pernah menduga jika ternyata kebijakannya untuk mencapai program Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) melalui jaminan gratis bagi seluruh warga pemegang JKN-KIS program BPJS, akan menjadi perhatian media tertua di Indonesia ini.

"Sebagai satu-satunya Lembaga Kantor Berita Nasional milik Pemerintah Republik Indonesia, dan media tertua bahkan berdiri sejak tahun 1937 dan berperan besar dalam masa perjuangan serta masa kemerdekaan. Sangat membanggakan jika ternyata kebijakan dan keberhasilan pemerintah itu menjadi perhatian bahkan diganjar penghargaan. Sehingga pemberitaannya bukan sekedar informasi dan publikasi, namun sekaligus mengedukasi masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, Perum LKBN ANTARA merupakan BUMN yang diberikan tugas oleh Pemerintah untuk melakukan peliputan dan penyebarluasan informasi yang cepat, akurat, dan penting, ke seluruh wilayah Indonesia dan dunia internasional. 

"Meskipun banyak media lokal yang lebih mengedepankan tentang pemberitaan yang terkadang bernada keras, dengan dalih kontrol sosial dan idealisme jurnalistik, namun kami berharap ANTARA tetap menjadi rujukan media-media secara nasional untuk lebih mengedepankan informasi mengenai keberhasilan dan capaian yang mendidik dan membangun. Telebih demi menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia," pungkasnya.
 


LKBN ANTARA Kalsel juga memberikan penghargaan kepada Plt Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) A. Chairansyah atas dedikasinya dan kepeduliannya terhadap lingkungan terutama di wilayah Pegunungan Meratus. "Atas komitmen kepala daerah HST dengan pembangunan berbasis lingkungan dan kepeduliannya menjaga lingkungan dengan tidak melakukan penambangan batu bara dan perkebunan sawit maka layak kita berikan apresiasi dan penghargaan," kata Kepala Biro LKBN ANTARA Kalsel Nurul Aulia Badar.

Plt Bupati HST H A Chairansyah juga mengucapkan terimakasih kepada LKBN Antara yang telah memberikan penghargaan. "Semoga menjadi semangat dan motivasi kami warga HST untuk selalu peduli terhadap lingkungan dan komitmen tidak melakukan penambangan batu-bara dan perkebunan sawit," katanya.
Plt Bupati HST A. Chairansyah (kiri) saat menerima penghargaan peduli lingkungan dari Dirut Perum LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat (kanan) disaksikan Kepala LKBN ANTARA Biro Kalsel Nurul Aulia Badar di Banjarmasin, Rabu (9/1/2019). (Foto ANTARA/M. Taupik Rahman)
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar