Juara bertahan PSG tersingkir di Piala Liga Prancis

id Paris Saint-Germain,Guingamp,Parc des Princes, Paris, Prancis,Neymar,piala liga prancis

Para pemain Guingamp merayakan gol ke gawang PSG dalam pertandingan Piala Liga Prancis yang dimainkan pada Rabu (9/1/2019). (www.ligue1.com)

Jakarta (Antaranews Sulsel) - Juara bertahan Paris Saint-Germain (PSG) disingkirkan Guingamp dari Piala Liga Prancis setelah tim ibukota tersebut takluk 1-2 dalam pertandingan yang dimainkan di Parc des Princes, Paris, Prancis pada Kamis dini hari WIB.

Megabintang Brazil Neymar membawa PSG memimpin terlebih dahulu, namun penalti Yeni N'Gbakoto dan penalti Marcus Thuram mengamankan langkah Guingamp ke semifinal, demikian catatan pertandingan di laman resmi Ligue 1.

PSG, yang merupakan juara pada lima edisi sebelumnya secara berturut-turut, membuka keunggulan pada menit ke-62 melalui gol Neymar yang tercipta semenit setelah Thuram gagal memaksimalkan peluang. Pelanggaran yang dilakukan terhadap pemain Guingamp di kotak terlarang PSG membuat wasit menunjuk titik putih, dan N'Gbakoto sukses menunaikan tugasnya sebagai eksekutor.

Thuram, yang merupakan putra bek legendaris Prancis Lilian Thuram, membuyarkan mimpi PSG untuk mempertahankan gelarnya ketika ia sukses mengeksekusi penalti pada menit ke-90. Pasukan Thomas Tuchel merupakan pemuncak klasemen Liga Prancis, sebaliknya Guingamp merupakan tim juru kunci di liga.

Nasib berkebalikan didapatkan AS Monaco asuhan Thierry Henry, di mana mereka menang adu penalti 8-7 atas Rennes setelah pertandingan dengan waktu normal hanya menghasilkan skor imbang 1-1. Rennes unggul terlebih dahulu melalui gol Benjamin Bourigeaud pada menit ke-30, namun Monaco mampu menyamakan kedudukan melalui gol legiun Portugal Rony Lopes pada menit ke-54.

Saat adu penalti, kiper Loic Badiashile menjadi sosok penentu kemenangan timnya ketika, setelah eksekusi kiper Tomas Koubek melambung ke atas mistar gawang, ia menaklukkan kiper Ceko tersebut untuk mengamankan langkah pasukan Henry ke empat besar.

Dalam pertandingan lain, Bordeaux juga memastikan kiprah di semifinal setelah menang 1-0 atas Le Havre berkat gol semata wayang Samuel Kalu pada menit ke-70.

City menang

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mengucapkan selamat kepada Burton Albion kendati tim kasta ketiga itu dilumat pasukannya dengan skor 9-0 dalam semifinal pertama Piala Liga Inggris di Stadion Etihad, Kamis pagi WIB.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada Burton atas capaian mereka di kompetisi ini. Mereka mengalahkan tim-tim dari kasta yang lebih tinggi untuk mencapai babak ini, mereka pantas mendapatkannya," kata Guardiola dalam jumpa pers purnalaga yang dilansir laman resmi City.
Pemain Burton Albion Marcus Myers-Harness (kiri) beraksi dengan pemain Manchester City Nicolas Otamendi pada leg pertama semifinal Piala Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Rabu (9/1/2019). Manchester city menang dengan skor 9-0. ANTARA FOTO/REUTERS/Phil Noble


Burton memang melewati jalan yang tak mudah untuk mencapai semifinal Piala Liga Inggris. Dalam perjalanannya, tim besutan Nigel Clough itu menyingkirkan Burnley, Nottingham Forest dan Middlesbrough.

Guardiola juga mengaku menaruh hormat yang besar kepada Burton, dan rasa hormat itu dibuktikan dengan tetap mencetak gol setiap kali mendapatkan kesempatan. "Di ruang ganti kami membicarakan bahwa kami tidak boleh memberi ampun. Dengan tetap mencetak gol adalah cara terbaik untuk memperlihatkan rasa hormat kepada lawan dan kompetisi ini," ujar Guardiola.

Berstatus juara bertahan, City meraih kemenangan disokong caturgol Gabriel Jesus serta masing-masing satu gol dari Kevin De Bruyne, Olexandr Zinchenko, Phil Foden, Kyle Walker dan Riyad Mahrez. Kedua tim masih akan berhadapan untuk laga semifinal kedua yang digelar di markas Burton pada Kamis (24/1) dini hari WIB.

Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar