KPU Makassar sosialisasi di pura

id kpu makassar,sosialisasi penyelenggaraan Pemilu 2019, Relawan Demokrasi,Pura Giri Natha Makassar

Komisioner KPU Makassar Endang Sri memberikan sosialiasi tentang Pemilu serentak 17 April 2019 kepada masyarakat di rumah ibadah Pura Giri Natha, jalan perintis Kemerdekaan, Kecamatan Tamalanrea, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (10/2/2019). FOTO/Humas KPU Makassar

Makassar (Antaranews Sulsel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar, Sulawesi Selatan bersama Relawan Demokrasi (Relasi) kembali melakukan sosialisasi penyelenggaraan Pemilu 2019 di rumah ibadah Pura Giri Natha Makassar.

"Sosialisasi ini sebagai upaya meningkatkan jumlah partisipasi pemilih dan mengampanyekan gerakan antigolongan putih atau Golput," sebut Komisioner KPU Makassar, Endang Sri, Senin.

Kegiatan tersebut diikuti sejumlah lapisan masyarakat, yang terdiri dari pemilih pemula, mahasiswa dan anggota komunitas yang mayoritas beragama Hindu. Pada pertemuan itu dipaparkan tentang tahapan-tahapan Pemilu dan jenis surat suara.

"Dalam sosialisasi kali ini, kami juga memberi penjelasan kategori-kategori pemilih yang terdiri dari Daftar Pemilih Tetap atau DPT, Daftar Pemilih Tambahan atau DPTb, dan Daftar Pemilih Khusus atau DPK," katanya.

Secara khusus peserta diberikan pemahaman terkait proses pindah memilih bagi warga Negara yang tidak dapat berada dalam wilayahnya saat Pemilu berlangsung.

Saat ini, kata dia, KPU Kota Makassar memang sedang gencar-gencarnya turun langsung di tengah-tengah masyarakat untuk menginventarisasi masalah dan mendengarkan kegelisahan yang dialami masyarakat terkait Pemilu, sehingga dapat menjadi masukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Selain memberikan pemahaman terkait tahapan pemilu, tambah Endang, pada dalam kegiatan tersebut pihaknya ikut mengimbau agar masyarakat tidak terpengaruh pada hal-hal yang dapat memecah belah persatuan Bangsa.

Seperti berita bohong (hoax), ujaran kebencian, dan politik uang, kampanye di rumah ibadah, mengarahkan pemilih mendukung orang tertentu dan lainnya. "Pemilu merupakan pertaruhan integritas dan idealitas, kita semua harus memiliki komitmen dalam perbaikan Negara kita, dan semua itu diawali ?dengan cara gunakan hak pilih anda, jangan Golput, dan tolak politik uang," ujarnya menegaskan.
 
Komisioner KPU Makassar Endang Sri foto bersama relawan dan pengurus Pura usai sosialiasi tentang Pemilu serentak 17 April 2019 kepada masyarakat di rumah ibadah Pura Giri Natha, jalan perintis Kemerdekaan, Kecamatan Tamalanrea, Makassar, Minggu (10/2/2019). (FOTO/Humas KPU Makassar)
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar