Walhi undang pegiat lingkungan kritisi debat capres

id Walhi,egiat lingkungan,kritisi visi misi,debat capres, Sulsel

Walhi undang pegiat lingkungan kritisi debat capres

Direktur Walhi Sulsel, Muhammad Al Amin. FOTO/Dok Walhi Sulsel

"Usai nobar, kita akan mendiskusikan seperti apa visi dan misi kedua capres dalam hal mengawal dan menyelesaikan isu lingkungan," katanya.
Makassar (Antaranews Sulsel) - Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulawesi Selatan mengundang pegiat lingkungan mengikuti diskusi dan nonton bareng untuk mengkritisi visi-misi calon presiden (capres) pada debat capres yang akan digelar pada 17 Februari 2019.

Hal tersebut dikemukakan Direktur eksekutif Walhi Sulsel Muh Al Amin di Makassar, Minggu.

Dia mengatakan, untuk kegiatan itu pihaknya telah mengundang jaringan, lembaga, forum dan pegiat lingkungan dalam rangka nonton bareng (nobar) debat capres yang kali ini akan membahas isu sentral lingkungan hidup.

"Usai nobar, kita akan mendiskusikan seperti apa visi dan misi kedua capres dalam hal mengawal dan menyelesaikan isu lingkungan," katanya.

Menurut dia, lingkungan adalah isu sentral sebab prinsipnya ke empat poin lain pada debat kedua ini, yakni energi, pangan, sumber daya alam dan infrastruktur akan bermuara pada konteks lingkungan hidup. Semisal pembangunan infrastruktur, tanpa mengabaikan kondisi lingkungan.

Selain itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan lingkungan hidup sebagai isu strategis debat capres sejak tahun 2014. Ditambah dengan banyaknya organisasi lingkungan menunjukkan isu ini membutuhkan perhatian oleh pemerintah ke depan.

"Kita dari pegiat lingkungan mau dan terus solid untuk menyampaikan bahwa lingkungan merupakan salah satu hal yang harus diperjuangkan dan diperhatikan oleh pemerintah Indonesia lima tahun ke depan," paparnya.

Karena itu, lanjut dia, visi-misi yang disampaikan kedua capres akan menjadi acuan para pegiat lingkungan untuk menentukan pilihan, tentunya bagi calon yang pro-lingkungan. Menilai pernyataan kandidat yang bukan hanya bersifat normatif namun mengeluarkan perspektif terhadap solusi permasalahan lingkungan.

Tidak sampai di situ saja, kata Amin, bersama pegiat lingkungan, berharap kedua capres bisa menyampaikan strategi-strategi yang akan diambil untuk perbaikan ke depan.

Nobar debat capres Walhi Sulsel rencananya dipusatkan di Sekretariat Walhi, bertempat di Jl Aeropala Komplek Permata Hijau Lestari. Nobar akan diawali dengan pemutaran film dokumenter Walhi terkait tambang pasir terhadap masyarakat Galesong, Kabupaten Takalar, Sulsel. Dilanjutkan dengan nobar capres kemudian diskusi mengkritisi visi-misi dua kandidat mengenai isu lingkungan.
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar