Dispar Makassar ajarkan masyarakat buat kerajinan tangan

id dinas pariwisata makassar,kerajinan tangan,Ketua Dekranasda Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail

Suasana pelatihan handicraft atau kerajinan tangan dilaksanakan Dinas Pariwisata Kota Makassar diikuti sejumlah warga di dua kecamatan masing-masing Kecamatan Tallo dan Panakukang beserta perwakilan warga di daerah destinasi wisata di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (25/2/2019) Foto/istimewa.

Makassar (Antaranews Sulsel) - Dinas Pariwisata Kota Makassar menggelar pelatihan dengan mengajari masyarakat membuat handicraft atau kerajinan tangan sebagai upaya meningkatkan dan mengembangkan karya seni buah tangan di masyarakat dalam peningkatan ekonomi serta promosi pariwisata.

"Salah satu sektor sub sektor industri ekonomi kreatif yang dipandang potensial untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yaitu subsektor kerajinan atau kriya," kata Ketua Dekranasda Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail disela pelatihan, Senin.

Menurut dia, salah satu kekayaan yang dimiliki Kota Makassar yakni keragaman seni budaya yang ada sejak dulu. Saat ini Makassar telah menjadi kota metropolitan dan mengalami perkembangan cukup pesat dalam semua aspek.

Selain itu satu sama lain saling berkaitan membantu pertumbuhan ekonomi Kota Makassar seperti kesenian, kebudayaan dan industri kreatif yang merupakan hal saling berkaitan guna menunjang promosi dan pemasaran pariwisata di kota bertajuk `angin mamiri`

Indira menjelaskan beberapa kerajinan tangan telah banyak dikenal hingga ke mancanegara, diantaranya pernak-pernik aksesoris pakaian yang unik dari Makassar maupun daerah lain di Sulsel, misalnya kalung, songkok, kain tenun, gantungan kunci hingga pajangan rumah.

"Kegiatan pelatihan membuat handicraft ini adalah bukti nyata perhatian pemerintah untuk memberdayakan potensi masyarakat dalam meningkatkan kompetensi diri dan kualitas produksinya yang mampu menciptakan lapangan kerja baru," katanya.

Istri Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto ini juga menyebut dengan pelatihan tersebut akan berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat menuju Makassar Kota Wisata Dunia yang nyaman bagi semua.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Kamalia Tamrin Tantu pada kegiatan pelatihan tersebut mengemukakan, pelatihan ini adalah salah satu program kerja sama Pemerintah Kota Makassar dengan Dinas Pariwisata tentang pembuatan ide kreatif di tahun 2019.

"Kegiatan ini akan meningkatkan kompetensi perilaku dan kualitas produk ekonomi kreatif berbasis masyarakat khususnya produksi kerajinan tangan untuk menambah pengetahuan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat di Kota Makassar," ujarnya.

Sejumlah masyarakat dari Kecamatan Tallo dan Kecamatan Panakukang serta wilayah destinasi wisata mengikuti pelatihan tersebut sebagai bekal untuk menambah kreatifitasnya guna peningkatan produk kerajinan tangan bernilai ekonomis.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar