Bupati Barru apresiasi peran LKBN ANTARA

id bupati barru

Bupati Barru Suardi Saleh (kiri) dan Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sulsel La Ode Masrafi (kanan) melakukan salam komando sambil memegang buku "10 WIndu ANTARA". (Foto ANTARA/Nur Suhra Wardyah)

Barru (ANTARA) - Bupati Barru Suardi Saleh memberikan apresiasi terhadap peran Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA sebagai Kantor Berita Indonesia yang berusia lebih dari 80 tahun, namun sampai sekarang masih eksis menjalankan tugas negara dalam menyebarluaskan informasi kepada publik.

"LKBN ANTARA ini sudah lama kita kenal, walaupun banyak orang mungkin belum melihat medianya, tapi hulu sebenarnya dari sana (ANTARA)," ujar Suardi Saleh saat berbincang dengan Tim LKBN ANTARA Biro Sulawesi Selatan di ruang kerjanya di Kantor Bupati Barru, Jumat.

Suardi juga menyinggung kemajuan teknologi dan informasi yang pesat, sehingga dapat menjadi dan peluang di era digital saat ini, termasuk dunia media massa seperti LKBN ANTARA.

Pada kesempatan itu Bupati Barru menyampaikan beberapa program dan hasil pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan dalam periode kepemimpinannya selama lima tahun ini (periode 2016-2021) seperti pembangunan ekonomi kerakyatan, pemberdayaan zakat , progress pembebasam lahan pembangunan rel kereta api serta rencana pembangunan rest area untuk kepentingan publik dan potensi sumber daya lainnya.

Sebelumnya Tim LKBN ANTARA Biro Sulawesi Selatan  menyambangi Kantor Bupati Barru di Jalan Sultan Hasanuddin sekaligus melakukan silaturahmi bersama Bupati Barru Suardi Saleh. Kunjungan Tim LKBN ANTARA Sulsel yang baru pertama kali ini disambut hangat Suardi Saleh di ruang kerjanya.

Kepala Bupati Barru, Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sulsel La Ode Masrafi memperkenalkan sekaligus memaparkan peran dan fungsi utama LKBN ANTARA sebagai Kantor Berita  Indonesia yang berdiri sejak tahun 1937 itu.

Perum LKBN ANTARA merupakan BUMN yang bergerak di bidang pers/penyebarluasan informasi, selain menjalankan fungsi media massa sesuai amanah Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang pers dan berpegang teguh pada Kode Etik Jurnalistik, juga mengemban misi sebagai kantor berita negara/pemerintah yang menjunjung motto "3E + 1N", yakni Education, Empowering, Elighting plus Nation.

"ANTARA mengemban tugas utama dalam menyebarluaskan informasi yang mengandung nilai-nilai edukasi, pemberdayaan, dan pencencahan bagi publik guna menumbuhkan karakter semangat, inspirasi  dan membuka wawasan untuk membangun potensi masyarakat, dengan tetap menjaga keutuhan NKRI," ujar La Ode Masrafi.

La Ode juga menyampaikan bahwa kegiatan ANTARA Sulsel selama ini masih fokus melakukan pada peliputan/pemberitaan di wilayah Kota Makassar, dan masih sedikit kegiatan daerah kabupaten/kota lain di Sulsel untuk diliput dan disebarluaskan ANTARA kepada publik, baik skala lokal, regional, dan nasional, bahkan internasional.

Untuk ke depan ini, kata La Ode, ANTARA terus berupaya membangun kerja sama dan memperluas wilayah liputan di kabupaten/kota di provinsi ini agar setiap derap kegiatan pembangunan  dan aktivitas/kejadian lainnya yang dinilai penting dan menarik di daerah itu dapat disebarluaskan kepada khalayak.

"Kami berharap ANTARA ke depan bisa menjangkau sumber-sumber informasi masalah sosial, politik, ekonomi, budaya dan pariwisata serta kegiatan laiinya yang ada di daerah, terutama terkait informasi pemberdayaan potensi masyarakat atau kegiatan investasi atau hal yang bernilai inspiratif  yang mengangkat kiat suskes masyarakat atau para pemangku kepentingan di daerah," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Barru Suardi Saleh membuka ruang bagi LKBN ANTARA yang menjalankan fungsi media massa untuk dapat bekerja sama agar program dan hasil-hasil pembangunan di daerahnya dapat disebarluaskan kepada masyarakat. "Terima kasih atas kunjungannya," tutup mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pinrang ini.

Pada akhir dialog silaturahmi itu Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sulsel La Ode Masrafi menyerahkan cindera mata berupa satu buah buku berjudul "10 Windu ANTARA" dan gambar karikatur kepada Bupati Barru Suardi Saleh.
 
Bupati Barru Suardi Saleh (kedua kiri) menerima gambar karikatur dari Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sulsel La Ode Masrafi (kedua kanan) didampingi Asmen Pemasaran Perum LKBN ANTARA Asmira Viskamira (kanan) dan Koresponden ANTARA Nur Suhra Wardyah. (Foto Istimewa)
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar