Konsulat adakan forum pariwisata Australia-Indonesia timur

id konsulat aus

Suasana pembukaan Forum Pariwisata Australia-lndonesia Timur yang mempertemukan peserta industri pariwisata dari seluruh kepulauan Indonesia, pakar pariwisata, pemimpin industri dan investor dari Australia, Senin (4/3/19). ANTARA Foto/ Muh Hasanuddin

"Forum ini akan memperkuat hubungan antar-rakyat melalui pariwisata berkelanjutan dan akan meningkatkan kesadaran di Australia tentang peluang investasi di Indonesia Timur. Forum ini juga akan meningkatkan kesadaran di Indonesia akan kemampuan Austra
Makassar (ANTARA) - Konsulat Jenderal Australia di Makassar mengadakan Forum Pariwisata Australia-lndonesia Timur yang mempertemukan peserta industri pariwisata dari seluruh kepulauan Indonesia, pakar pariwisata, pemimpin industri dan investor dari Australia, selama dua hari.

"Hari ini kita gelar Forum Pariwisata Australia-lndonesia Timur 2019 dan ini akan menjadi agenda tahunan yang akan menguntungkan kedua negara," ujar Konsul Jenderal Australi Richard Mathews saat pembukaan di Makassar, Senin.

Ia mengatakan kegiatan kepariwisataan yang digelar selama dua hari yakni 4-5 Maret 2019 ini akan meningkatkan kerja sama antara sektor pariwisata Australia dan Indonesia.

Kedua negara akan saling mendukung dalam pembangunan ekonomi di Indonesia bagian timur khususnya dalam bidang pariwisata. Indonesia sendiri terdiri atas ribuan pulau yang tidak jauh dari pantai utara Australia.?

"Forum ini akan memperkuat hubungan antar-rakyat melalui pariwisata berkelanjutan dan akan meningkatkan kesadaran di Australia tentang peluang investasi di Indonesia Timur. Forum ini juga akan meningkatkan kesadaran di Indonesia akan kemampuan Australia yang hebat di sektor pariwisata, perhotelan, dan pelatihan," katanya.

Richard menyatakan sebagai sponsor utama untuk acara forum ini, pihaknya menghadirkan ahli dari kota pariwisata dan pendidikan terbaik dunia, Gold Coast (Queensland).

Forum Pariwisata Australia-Indonesia Timur juga didukung oleh Kementerian Pariwisata Indonesia; Australia Awards Indonesia; mitra dari Sustainability Research Institute (Universitas Sunshine Coast) dan Grifiith Institute for Tourism (Griffith University, Queensland); dan perusahaan pariwisata Australia yang berbasis di Bali, Travlr.com.

"Saya banyak bepergian dan berkeliling, saya sering bertemu dengan gubernur maupun bupati di Indonesia khususnya di Kawasan Timur Indonesia. Pertanyaan besar dalam pertemuan-pertemua itu, kami ingin membangun pariwisata dan bagaimana kami melakukannya," terangnya.

Melalui forum yang diadakannya ini, lanjut Richard, dia mengharapkan terjalin sinergi yang baik dan kesepakatan bersama dalam hal pengembangan pariwisata serta perekonomian dari kedua negara.

Selain itu, dalam forum ini menghadikan para pembicara termasuk dari Kementerian Pariwisata Indonesia, Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Pemerintah Indonesia, HE Tom Lembong (lewat video); dan Wakil Gubemur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman serta Wali Kota Gold Coast, Cr Tom Tate.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar