Dinkes Sulbar riset fasilitas kesehatan

id fasilitas kesehatan,jkn,jaminan kesehatan nasional,dinas kesehatan sulbar,dinkes sulbar,mamuju,pelayanan kesehatan

Ilustrasi - Jaminan Kesehatan Nasional (Antara News)

Mamuju (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat melakukan rapat koordinasi riset fasilitas kesehatan (rifaskes) dan riset evaluatif Jaminan Kesehatan Nasional 2019.

"Rifaskes merupakan salah satu survey berkala yang diselenggarakan oleh balai penelitian dan pengembangan (Balitbangkes) dengan bekerja sama Dinkes Sulbar," kata Kepala Dinkes Sulbar Ahmad Azis di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan, rifaskes adalah salah satu ruang untung memetakan masalah ketersediaan fasilitas kesehatan serta kecukupan sarana di fasiltas kesehatan di Sulbar.

Menurut dia, terdapat tiga hal yang menjadi target cakupan kesehatan semesta diantaranya, penyempurnaan akses terhadap pelayanan kesehatan esensial (essential healt sevices) yang berkualitas.

Kemudian pengurangan jumlah orang menderita kesulitan keuangan untuk kesehatan serta penyempurnaan akses terhadap obat-obatan, vaksin, diagnostik, dan alat kesehatan essensial pada pelayanan kesehatan primer (primary healt care).

"Kita melaksanakan event akbar, Rapat kerja kesehatan nasional (Rakerkesnas) dengan tema kolaborasi pusat daerah dalam penguatan pelayanan kesehatan menuju cakupan kesehatan semesta," katanya.

Ia mengatakan, cakupan kesehatan semesta atau Universal Healt Coverage bukan hanya berbicara tentang kepesertaaan pada jaminan kesehatan tetapi menjamin seluruh masyarakat mempunyai akses untuk kebutuhan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative yang berkualitas dan efektif.
Pewarta :
Editor: M Darwin Fatir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar