Disdik Makassar siap laksanakan UNBK

id unbk,dinas pendidikan makassar matangkan persiapan

Persiapan pelaksanakan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) (dok Antaranews Sulsel/Darwin)

Kita juga ingin pastikan kelancaran jaringan telekomunikasi pada saat ujian nanti. Kita akan komunikasikan hal teknis lainnya dengan PT Telkom, termasuk dengan PT PLN
Makassar (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar mematangkan persiapan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama dan sederajat di daerah itu.

"Kami sangat siap dan selama beberapa tahun pelaksanaan UNBK dari beberapa sekolah kemudian berkembang hingga akhirnya tahun ini sudah sangat siap digelar secara serentak di semua sekolah," ujar Kepala Disdik Kota Makassar Abdul Rahman Bando di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan pelaksanaan UNBK menjadi hal teknis, sedangkan yang paling utama adalah kesiapan semua siswa dan persyaratan administrasi calon peserta ujian.

Dia menyebut siswa harus terakomodasi dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang "penginputannya" sudah berakhir pada Jumat (8/3).

"Yang pertama kita harus pastikan semua siswa yang akan ujian datanya sudah terakomodir dalam sistem Dapodik Kemendikbud. Yang tercatat hingga batas 'penginputan' ada 23.334 peserta ujian di Makassar," katanya.

Selain itu, dia menjamin petugas ujian, termasuk operator, akan hadir saat pelaksanaan UNBK pada 22 hingga 25 April 2019.

Pihaknya melibatkan para kepala sekolah dan pemangku kepentingan lainnya, seperti DPRD Makassar, PLN, dan PT Telkom dalam menyukseskan UNBK di daerah tersebut.

Ia menambahkan koordinasi dengan PLN dan Telkom yang menyuplai listrik dan jaringan internet pada pelaksanaan UNBK tahun-tahun sebelumnya juga berjalan lancar sehingga pada tahun ini diharapkan juga tidak ada kendala berarti.

"Kita juga ingin pastikan kelancaran jaringan telekomunikasi pada saat ujian nanti. Kita akan komunikasikan hal teknis lainnya dengan PT Telkom, termasuk dengan PT PLN," ucapnya.
Pewarta :
Editor: Amirullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar