BPJS TK Sulbar wujudkan kabupaten sadar jaminan sosial

id bpjs ketenagakerjaan,sulawesi barat,mamuju tengah,man M Amin

BPJS Ketenagakerjaan (id.wikipedia.org)

Mamuju (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) Provinsi Sulawesi Barat melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah untuk mewujudkan "Kabupaten Sadar Jaminan Sosial".

"Menindaklanjuti perjanjian kerja sama tersebut BPJS Ketenagakerjaan Sulbar dengan Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah menggelar rapat kerja," kata Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Sulbar, Iman M Amin, di Mamuju, Selasa. 

Ia mengatakan dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai upaya mewujudkan Kabupaten Mamuju Tengah sebagai kabupaten yang sadar jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Ke depan, BPJS Ketenagakerjaan bersama Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah bersinergi terhadap penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan di daerah itu," katanya. 

Menurut dia, program tersebut diarahkan pada sektor penerima upah (PU), bukan penerima upah (BPU), jasa konstruksi, serta tenaga honorer lingkup Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah.

"Salah satu pembahasan pada pertemuan tersebut juga mengenai kewajiban perusahaan untuk mendaftarkan perusahaanya ke BPJS Ketenagakerjaan sesuai  ketentuan Undang Undang No 24 Tahun 2011, dan program yang dikuti antara lain jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan kematian (JKM), jaminan hari tua (JHT) dan jaminan pensiun (JPN)," katanya.

Dalam pertemuan itu juga dilakukan penyerahan santunan klaim BPJS Ketengakerjaan sebesar Rp78.614.000 oleh Sekda Kabupaten Mamuju Tengah H Askary kepada Marwiya yang merupakan ahli waris Dahari, tenaga kerja non Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mamujh Tengah yang meninggal karena kecelakaan kerja.

Santunan kedua diberikan kepada ahli waris Paharuddin yang merupakan karyawan PT. Suryaraya Lestari II sebesar Rp24.000.000 yang meninggal dunia.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar