Ombudsman Sulawesi Barat Ancam Panggil Paksa Timsel Bawaslu

id ombudsman sulbar,maladministrasi,Timsel Bawaslu,Bob Jafar,mamuju

Ombudsman Sulawesi Barat  Ancam Panggil Paksa Timsel Bawaslu

Ketua Ombudsman Provinsi Sulbar Lukman Umar akan memanggil paksa timsel Bawaslu Sulbar zona II di Mamuju, Jumat (28/3/2019). (ANTARA Foto/M Faisal Hanapi)

Mamuju (ANTARA) - Ombudsman Provinsi Sulawesi Barat akan memanggil paksa oknum Tim Seleksi (Timsel) Bawaslu Zona II yang dilaporkan karena diduga melakukan pelanggaran maladministrasi pelayanan publik.

"Pasal 31 menyebutkan dalam hal terlapor dan saksi sebagaimana dimaksud pasal 28 ayat (1) huruf a telah dipanggil tiga kali berturut-turut tidak memenuhi panggilan dengan alasan yang sah, Ombudsman dapat meminta bantuan Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk menghadirkan yang bersangkutan secara paksa," kata Asisten Ombudsman RI Sulbar Bob Jafar, di Mamuju, Jumat.

Ia mengatakan, oknum Timsel Bawaslu Zona II selaku terlapor sebelumnya mangkir dari panggilan Ombudsman Sulbar.

"Undangan kepada terlapor atas nama Ahmad, sudah dilayangkan sebagai upaya tindak lanjut dari tim Ombudsman atas pengaduan Aswan Harianto salah seorang peserta seleksi Anggota Bawaslu Kabupaten Mamuju," katanya pula.

Namun, lanjutnya, oknum timsel tidak menghargai ombudsman sebagai lembaga negara yang dibentuk berdasarkan UU 37 Tahun 2008 karena mangkir dari panggilan.

"Pemanggilan Timsel Bawaslu ini, untuk mengikuti konsolidasi mempertemukan sejumlah pihak di antaranya Bawaslu Provinsi Sulbar, pelapor dan terlapor dalam hal ini Timsel Bawaslu zona II, namun dalam pelaksanaannya timsel yang dilaporkan tidak hadir," katanya.

Dia menyayangkan, sikap terlapor, apalagi pertemuan sudah terjadwal

Karena itu Ombudsman akan meminta bantuan Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk menghadirkan yang bersangkutan secara paksa.
 
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar