Pemprov siap buka toko daring untuk produk UMKM di Sumut

id Toko daring,dekranasda, diskominfo sumut,Berita sumut terkini, sumut terbaru

Rapat membahas membuka toko daring untuk jual produk.UMKM di Sumut, Jumat (Antara Sumut/Evalisa Siregar)

Medan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumut bersiap menyediakan toko daring untuk membantu memasarkan produk usaha kecil menengah (UMKM) di daerah itu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Sumut, M Fitriyus di Medan, Sabtu, mengatakan, Pemprov Sumut melalui dinas terkait akan segera menyiapkan semua hal untuk mewujudkan toko daring UMKM.

Dia menjelaskan, rencana pembukaan toko online itu disepakati dalam Rapat Koordinasi antara Dekranasda Sumut dengan Diskominfo Sumut dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumut.

Toko daring dengan akun dekranasda nantinya akan diperkenalkan di situs-situs e-commerce terbesar di Indonesia. Menurut Fitriyus, rencananya peluncuran toko daring akan dilaksanakan awal Mei 2019.

"Tetapi itu masih rencana karena masih banyak proses yang harus dilalui termasuk koordinasi dengan dekranasda kabupaten/kota," katanya.

Ketua Dekranasda Sumut, Nawal Lubis Edy Rahmayadi menegaskan, dekranasda mendukung adanya toko daring untuk membantu pemasaran produk-produk kerajinan lokal kabupaten/kota.

"UMKM perlu didorong untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

Dukungan kuat untuk pembukaan toko daring itu melihat kondisi usaha UMKM yang masih kesulitan memasarkan produknya.

Sementara, katanya, tidak semua UMKM melek teknologii sehingga perlu bantuan dari semua pihak terkait.

"Dekranasda yakin toko daring UMKM Sumut akan berkembang karena dewasa ini, aktivitas jual beli masyarakat secara virtual juga terus meningkat," katanya.

Keyakinan semakin kuat karena produk UMKM kabupaten/kota di Sumut juga semakin dikenal dan mampu bersaing dengan produk daerah lainnya.

"Dekranasda dan dibantu pihak lainnya akan mensiapkan konsep promosi yang bagus baik dari segi pengemasan, dan lainnya," ujar Nawal.


Nawal menegaskan, kesiapan sumber daya manusia (SDM) pengelola toko daring juga harus dipersiapkan.

 

Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar