Dubes RI sampaikan pesan pemilu damai pada diaspora di Jordania

id Kbri amman yordania,Pemilu damai yordania,Dubes RI Amman,Andy Rachmianto

KBRI Amman, PPLN dan KPPSLN serta warga diaspora di Jordania melaksanakan salat Ashar dan doa bersama menjelang penyelenggaraan pemilu di Jordania pada hari Jumat, 12 April 2019. (KBRI Amman)

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Jordania, Andy Rachmianto, menyampaikan "pesan pemilu damai" kepada diaspora Indonesia yang akan menggunakan hak pilih dalam pemilu luar negeri di Amman, Jumat.

"Sebagai pesta demokrasi lima tahunan untuk menentukan pemimpin nasional dan anggota DPR RI, pemilu 2019 diharapkan dapat berlangsung secara damai," tegas Andy berdasarkan keterangan tertulis dari Kedutaan Besar RI Amman di Jakarta, Jumat.

Selain itu, ia mengharapkan kepada para penyelenggara pemilu, baik Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN)  dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai peraturan pemilu yang berlaku.

"Semua penyelenggara pemilu, baik PPLN dan KPPSLN, harus dapat menjalankan tugasnya secara bertanggung-jawab dan penuh komitmen sesuai sumpah yang telah diucapkan pada saat pelantikan," lanjut Dubes Andy.

Menurut Ketua PPLN Jordania, Miftah Nafid Firdaus, dua tahapan pemilu melalui pos dan kotak suara keliling (KSK) sudah berjalan dengan lancar. Untuk pemungutan suara langsung, dua TPS sudah disiapkan di halaman Wisma Duta guna menampung lebih dari 1.000 warga yang telah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Sebagaimana ditargetkan oleh KPU Pusat, pemilu di Jordania diharapkan dapat dihadiri oleh 50 persen dari jumlah DPT yang sebagian besar adalah pekerja migran dan mahasiswa Indonesia.

Sebelumnya, pada Kamis (11/4), menjelang penyelenggaraan pemilu di Jordania, staf KBRI Amman, PPLN dan KPPSLN serta warga diaspora di Jordania melaksanakan salat Ashar dan doa bersama.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meminta rida dan perlindungan dari Allah SWT agar penyelenggaraan pemilu di tanah air dan di Jordania dapat berjalan dengan aman, lancar, jujur dan adil.

Dalam doa bersama yang diselenggarakan di Griya Singgah KBRI Amman, baik penyelenggara dan saksi pemilu, maupun wakil warga diaspora, berkomitmen untuk melaksanakan pemilu damai di Jordania yang dijuluki negeri para Nabi.





 
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar