KPU Mamuju distribusikan logistik Pemilu ke kecamatan terjauh

id kpu mamuju, distribusi logistik ke kecamatan terjauh,logistik pemilu,Hamdan Dangkang,sulawesi barat,kalumpang,bonehau,bala-balakang,pemilu

KPU Mamuju distribusikan logistik Pemilu ke kecamatan terjauh

Seorang petugas memindahkan kotak suara dari Aula Asrama Haji Mamuju ke atas mobil pickap untuk dibawa ke Pelabuhan TPI Mamuju kemudian akan didistribusikan ke Kepulauan Bala-balakan, Jumat (12/4/2019). (ANTARA Foto/Amirullah)

"Hari ini, mulai didistribusikan logistik pemilu untuk tiga kecamatan terjauh," kata Hamdan Dangkang.
Mamuju (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat mulai mendistribusikan logistik pemilihan umum serentak di wilayah terjauh di daerah itu, Jumat.

Ketua KPU Mamuju Hamdan Dangkang, ditemui saat pelepasan logistik pemilu serentak di Asrama Haji Mamuju, Jumat mengatakan, tiga kecamatan terjauh titik distribusi tersebut, yakni Kecamatan Kepulauan Bala-balakang, Bonehau dan Kecamatan Kalumpang.

"Hari ini, mulai didistribusikan logistik pemilu untuk tiga kecamatan terjauh," kata Hamdan Dangkang.

Untuk Kecamatan Bonehau kata Hamdan Dangkang, logistik yang didistribusikan sebanyak 170 kotak suara ditambah 11 kotak suara untuk tingkat PPK dan di Kecamatan Kalumpang 275 kotak suara ditambah 11 untuk tingkat kecamatan.

Sementara distribusi ke kecamatan Kepulauan Bala-balakang sebanyak 61 kotak suara.

"Kami sudah perhitungkan kondisi cuaca dan hari ini cukup bersahabat serta kondisi gelombang yang tidak tinggi.
Jadi kami pastikan, surat suara tiba di lokasi dengan aman," ujar Hamdan Dangkang.

Proses pengangkutan logistik pemilu serentak ke tiga kecamatan itu dilakukan dengan menggunakan dua truk dan satu mobil  bak terbuka.

Khusus untuk Pulau Bala-balakang, logistik pemilu itu diangkut dari Asrama Haji menuju Pelabuhan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Mamuju menggunakan pickap selanjutnya dibawa ke kepulauan Bala-balakang menggunakan perahu nelayan.

Distribusi logistik pemilu serentak ke Kepulauan Bala-balakang tersebut dikawal ketat 20 personel kepolisian dan TNI.

"Untuk kondisi normal 6-8 jam logistik pemilu itu tiba di ibukota kecamatan," tuturnya.

"Proses pendistribusian logistik ke Bala-balakang beda dengan kecamatan lain karena sebelum sampai ke Pulau Ambo ada beberapa pulau yang dilewati sehingga harus diturunkan lebih awal surat suaranya. Karena kalau ke ibukota kecamatan baru kembali lagi ke pulau yang dilewati akan makan waktu," jelas Hamdan Dangkang.

Distribusi logistik pemilu serentak tambahnya, akan dilanjutkan pada Sabtu (13/4).

"Besok akan dilanjutkan distribusi ke wilayah kecamatan Tapalang, Tommo serta Tapalang Barat," ujar Hamdan Dangkang.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar