Dekranasda Sulsel ajak warga ramaikan Festival Sarung

id Hari Kartini 2019,(Dekranasda) Sulawesi Selatan,festival sarung

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Selatan, Liestiaty F Nurdin bersama anggota Dekranasda Sulsel pada peragaan busana di Indonesia Moslem Fashion Expo (IMFEX) 2019 di Claro Hotel, beberapa waktu lalu. (ANTARA Foto/Nur Suhra Wardyah)

Makassar (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Selatan mengajak masyarakat setempat, khususnya Makassar, untuk meramaikan Festival Sarung pada 21 April 2019 dalam rangka memperingati Hari Kartini.

"Mari meramaikan Jalan Jenderal Sudirman dengan memakai sarung pada Car Free Day (CFD) besok untuk memperingati Hari Kartini," ajak Ketua Dekranasda Sulsel yang juga istri Gubernur Sulsel, Liestiaty F. Nurdin di Makassar, Sabtu.

Menurut Lies, sapaannya, perempuan Indonesia harus bangga atas hasil karya dalam negeri maupun produksi lokal, karena itu penggunaan sarung sebagai salah satu produk terbaik Sulsel dipilih untuk memperingati hari bersejarah, seperti Hari Kartini.

Sebab, katanya, Suku Bugis Makassar terkenal dengan sarung khas tenun dan sutera yang banyak berasal dari Sengkang Kabupaten Wajo.

Penggunaan sarung pada Festival Sarung, kata dia, akan diwarnai dengan berbagai kegiatan, seperti tutorial sarung, bersepeda memakai sarung, promosi aneka sarung, parade, hingga senam sarung.

"Jadi ibu-ibu silakan datang dengan memakai sarung terbaiknya. Mari kita sama-sama memasarkan sarung," kata Lies yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulsel itu.

Ia menjelaskan kegiatan itu bertujuan memperkenalkan produk lokal yang berasal dari perajin sarung tenun dan sutera, sekaligus membantu mereka memasarkan produknya. Dekranasda Sulsel menargetkan 1.500 orang menghadiri kegiatan nasional dibalut dengan budaya setempat tersebut.

"Jadi kita akan berjalan kaki dari Kantor Dekranasda Sulsel menuju Gedung Mandala Jalan Jenderal Sudirman dengan mengenakan sarung," ungkapnya.

Pada festival itu juga akan digelar peragaan busana dan kompetisi kostum terbaik. permainan tradisional, dan pemeriksaan kesehatan secara gratis dan penarikan undian berhadiah bagi peserta.

Liestiaty beberapa kali mengajak para perempuan hadir meramaikan kegiatan perdana itu, seperti pada acara Indonesia Moslem Fashion Expo (IMFEX) 2019 di Claro Hotel dan The International Woman Exhibition Female on the Move (FEMME) 2019 di Four Foint by Sheraton Makassar yang digelar beberapa waktu lalu.
 

Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar