KBRI sampaikan informasi terkini aturan kekonsuleran Islamabad

id Kbri islamabad,Aturan kekonsuleran,Safe travel,Perlindungan wni,Pakistan lahore

Lebih dari 90 WNI dan keluarganya menikmati suasana hangat Indonesia dalam acara silaturahmi dengan Tim Konsuler KBRI Islamabad di Lahore. (KBRI Islamabad)

Jakarta (ANTARA) - KBRI Islamabad menyampaikan informasi terkini mengenai aturan kekonsuleran dan keimigrasian yang penting bagi warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri.

Berbagai aplikasi jejaring dalam (online) seperti Safe Travel dan Lapor Diri online bagi WNI merupakan bagian dari materi pembahasan yang menarik minat para WNI, berdasarkan keterangan tertulis dari KBRI Islamabad di Jakarta, Minggu.

"Dengan menggunakan aplikasi Safe Travel, WNI yang menemui kesulitan saat bepergian keluar negeri dapat segera dibantu oleh Perwakilan RI terdekat atau WNI lain yang ada di sekitarnya jelas,"kata  Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Islamabad Andi Ahmad.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam acara silaturahmi dengan Tim Konsuler KBRI Islamabad di Lahore.

Untuk menjalin komunikasi, para WNI juga dapat selalu berkomunikasi dengan KBRI melalui WhatsApp group WNI, menghubungi telepon Hotline KBRI untuk pelindungan WNI yang standby 24 jam, atau menyampaikan pesan di akun media sosial KBRI Islamabad.

Silaturahmi KBRI Islamabad dengan para WNI di wilayah akreditasi Pakistan dilakukan untuk memastikan perlindungan negara bagi WNI.

Dubes RI Iwan Suyudhie Amri menyampaikan terima kasih kepada para WNI beserta suami mereka yang warga negara asing atas kesediaannya meluangkan waktu hadir dalam pertemuan dengan KBRI Islamabad tersebut.

Mereka datang dari berbagai daerah di Provinsi Punjab dan berjarak cukup jauh dari Lahore.

Lebih dari 90 WNI dan keluarganya menikmati suasana hangat Indonesia dalam acara silaturahmi tersebut.

Rendang, bakso, gado-gado, rempeyek, kue pukis, dan ragam makanan khas Indonesia lainnya telah manjadi perekat dan penghangat tali silaturahmi sekaligus obat mujarab memenuhi dahaga akan kerinduan Tanah Air.

Dalam pertemuan tersebut, WNI tidak hanya berkesempatan mengurus dokumen kekonsulerannya dan memperoleh penjelasan tentang peraturan keimigrasian terbaru, baik dari Pemerintah Indonesia maupun Pakistan, namun berkesempatan juga mencurahkan perasaan hatinya langsung kepada Dubes RI maupun staf KBRI yang hadir, tentang lika-liku hidup mereka di Pakistan.

Pertemuan yang berlangsung akrab tersebut mendapat apresiasi dari WN Pakistan yg beristrikan WNI.

"Selaku warga negara Pakistan, saya sangat mengapresiasi KBRI Islamabad yang sangat aktif melakukan pertemuan dengan masyarakatnya," ujar Rauf Mustaq, suami  Agustina asal Jakarta.

Ia mengatakan kegiatan seperti ini sangat penting sehingga WNI selalu merasa aman dan terlindungi oleh pemerintahnya.

"Saya pernah tinggal di AS selama lebih kurang sepuluh tahun, namun saya tidak pernah melihat kegiatan semacam ini dilakukan oleh Kedutaan Pakistan untuk kami yang tinggal di negara lain" imbuh Mustaq.



 
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar