Menlu RI-Palestina bertemu jelang diskusi di DK PBB

id Dewan Keamanan PBB,DK PBB,pembahasan isu Palestina di Dewan Keamanan PBB,Menlu RI Retno Marsudi,Menlu Palestina Riyad al

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki di kantor PTRI di New York, Amerika Serikat, Rabu (8/5/2019). (Kemenlu RI)

New York, Amerika Serikat (ANTARA) - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki untuk melakukan konsultasi bilateral menjelang diskusi informal mengenai isu Palestina di Dewan Keamanan PBB.

Pertemuan antara Menlu RI dan Menlu Palestina itu berlangsung di kantor Perwakilan Tetap Republik Indonesia (PTRI) di New York, Amerika Serikat pada Rabu.

"Baru saja saya bertemu Menlu Palestina. Pertemuan ini biasa dilakukan untuk konsultasi bilateral. Terakhir kami bertemu saat sidang Dewan HAM PBB di Jenewa," ujar Menlu Retno.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu RI dan Menlu Palestina membahas persiapan untuk diskusi informal "Arria Formula" mengenai Palestina di bawah presidensi Indonesia di Dewan Keamanan PBB.

"Persiapan Arria Formula tidak ada masalah sejauh ini. Menlu Palestina menyampaikan terima kasih kepada Indonesia yang mengadakan pertemuan Arria Formula ini dan mengundang Menlu Palestina untuk hadir. Ini bentuk dukungan Indonesia pada perjuangan Palestina," kata Menlu Retno.

Diskusi informal yang dilaksanakan pada Kamis (9/5) di Markas PBB di New York akan fokus membahas tentang pembangunan berbagai kawasan permukiman ilegal (illegal settlement) oleh Israel yang menduduki tanah milik rakyat Palestina, khususnya terkait aspek hukum dan kemanusiaan, dengan penekanan pada Resolusi DK PBB No.2334 tahun 2016.

Resolusi tersebut mendesak diakhirinya permukiman Israel yang dibangun di atas tanah Palestina. Resolusi itu menyebutkan bahwa pemukiman tersebut "suatu pelanggaran di bawah hukum internasional".

Selain membahas persiapan pertemuan Arria Formula di DK PBB, kedua Menlu juga membahas tentang situasi terkini di jalur Gaza pasca - aksi saling serang antara militer Israel dan pejuang militan Palestina.

"Dia (Menlu Palestina) menyampaikan bahwa gencatan senjata sudah tercapai dan mudah-mudahan tidak ada provokasi baru yang dapat meningkatkan ketegangan di Gaza," ucap Menlu Retno.


 
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar