Kemenag Sulbar tingkatkan sinergi bersama KPID

id kemenag sulbar, kerjasama dengan kpid

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulbar Muflih B Fattah (kiri) bersama Ketua KPID Sulbar April Ashari Hardi (kanan). (Humas Kanwil Kemenag Sulbar)

Mamuju (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Barat meningkatkan sinergi bersama Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) setempat untuk menciptakan siaran yang sehat terutama program siaran dakwah pada lembaga penyiaran.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulbar Muflih B Fattah, di Mamuju Kamis mengatakan, menyambut baik langkah yang dilakukan komisioner KPID setempat yang menjalin kerja sama dengan lembaga-lembaga terkait di daerah itu.

"Kami menyambut baik upaya yang dilakukan KPID Sulbar, dalam rangka membangun kebersamaan," kata Muflih.

Sinergitas yang akan dilakukan lanjut Muflih, sesuai dengan nota kesepahaman yang telah ditandatangani antara Menteri Agama dengan Ketua KPI dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta, pada 13 Maret 2019, terkait upaya menciptakan siaran yang sehat terutama program siaran dakwah pada lembaga penyiaran.

Untuk tindak lanjut di daerah kata Muflih, Kemenag Sulbar akan memfasilitasi penandatangan nota kesepahaman itu, sehingga dapat diimplementasikan di daerah itu.

"Saya sangat berharap KPID Sulawesi Barat dapat menyerahkan data Lembaga Penyiaran Publik (LPP) dan Lembaga Penyiaran Berlangganan (LPB) yang direkomendasikan sebagai media untuk penyampaian pesan dakwah yang digunakan para penceramah," tutur Muflih.

Ia juga meminta KPID Sulbar menjalin kerja sama terkait upaya menangkal berita hoaks dan ujaran kebencian pada lembaga penyiaran yang dapat merusak tatanan kerukunan hidup umat beragama.

"Kerja sama ini perlu ditingkatkan, selain kerja sama, pembinaan, pengkajian dan pengawasan program siaran pada lembaga penyiaran, ke depannya diperlukan adanya kerja sama Kemenag Sulbar, KPID, Kesbangpol dan Forum Komunikasi Umat Beragama," papar Muflih.

Sementara itu, Ketua KPID Sulbar, April Ashari Hardi mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti kerja sama yang telah dibangun KPI Pusat dengan Kementerian Agama.

"Kami sangat berterima kasih kepada Kakanwil Kemenag Sulbar yang akan memfasilitasi penandatangan MoU dan mendukung kinerja KPID Sulbar. Ke depan apa yang disarankan oleh Kakanwil akan segera dilakukan dengan membangun kerja sama dengan stakeholder menciptakan kerukunan umat beragama melalui lembaga penyiaran," jelas Ashar.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar