Sejarah baru, semua final antarklub Eropa dari Inggris

id liga champions,liga europa,arsenal,chelsea,liverpool,tottenham

Logo kompetisi antarklub Eropa, Liga Champions dan Liga Europa. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Tim-tim Inggris menorehkan sejarah untuk pertama kalinya mendominasi dua partai final kompetisi antarklub Eropa dalam satu musim bersamaan.

Hal itu dipastikan setelah Chelsea berhasil menyingkirkan Eintracht Frankfurt lewat adu penalti demi mencapai final Liga Europa usai menang 4-3 dalam drama titik 12 pas di Stamford Bridge, Jumat dini hari WIB.

Chelsea akan berhadapan dengan Arsenal yang sudah lebih dulu melenggang ke final Liga Europa usai menang 4-2 di markas Valencia dan memegang keunggulan agregat tegas 7-3.

Baca juga: Arsenal melenggang ke final disokong trigol Aubameyang

Baca juga: Menang adu penalti, Chelsea tantang Arsenal di final

Sementara itu di Liga Champions Liverpool akan menghadapi Tottenham Hotspur, setelah keduanya menorehkan kisah pembalikan bersejarah dalam laga semifinal atas lawan masing-masing.

Liverpool, yang kalah 0-3 dari Barcelona di laga pertama, berhasil melunasi defisit tersebut dengan kemenangan 4-0 di Anfield pada Rabu (8/5) dini hari WIB untuk melenggang dengan agregat 4-3.

Keberhasilan Liverpool disusul oleh Tottenham, yang membalikkan kekalahan 0-1 di laga pertama dengan kemenangan 3-2 di markas Ajax pada Kamis (9/5) dini hari WIB.

Tottenham lolos berkat keunggulan agresivitas gol tandang dalam skor agregat 3-3.

Baca juga: Liverpool lunasi defisit tiga gol dari Barcelona demi menjejaki final

Baca juga: Hatrik Moura antar Tottenham singkirkan Ajax

Formasi final Liga Champions dan Liga Europa musim ini sekaligus menjadi pertama kali sepanjang sejarah diisi oleh empat tim satu negara.

Final Liga Champions antara Liverpool vs Tottenham akan digelar di Stadion Wanda Metropolitano, Spanyol, pada Sabtu (1/6) waktu setempat atau Minggu (2/6) dini hari WIB.

Sedangkan final Liga Europa yang mempertemukan Arsenal kontra Chelsea berlangsung tiga hari lebih awal yakni pada Rabu (29/5) waktu setempat atau Kamis (30/5) dini hari WIB di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar