UPP Mamuju tertibkan pelayaran penyeberangan ke Pulau Karampuang

id upp mamuju, tertibkan pelayaran ke pulau karampuang

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Mamuju Jondrajuis. (ANTARA Foto/Amirullah)

Mamuju (ANTARA) - Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat telah menertibkan pelayaran penyeberangan ke Pulau Karampuang.

Kepala Kantor UPP Mamuju Jondrajuis, di Mamuju, Rabu, mengatakan penertiban itu sebagai upaya menata pelayaran menuju ke Pulau Karampuang dan menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran.

"Kami telah menertibkan perahu-perahu penyeberangan menuju ke Pulau Karampuang. Sebelumnya, pelayaran ke Pulau Karampuang terkesan semerawut dan mengabaikan faktor keamanan dan kenyamanan," kata Jondrajuis.

Ia menyatakan, telah memberikan "life jacket" atau pelampung kepada setiap perahu penyeberangan dan sertifikat setiap motoris.

"Kami bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Sulbar dan telah memberikan 'life jacket' pada setiap perahu. Pemberian pelampung itu disesuaikan dengan kapasitas perahu, misalnya kapasitasnya 10 orang maka kami berikan 10 pelampung. Kami juga memberikan sertifikat kepada para motorisnya dan menertibkan kapasitas penumpang setiap perahu, misalnya kalau sebelumnya kapasitasnya hanya 20 orang tetapi kenyataannya mengangkut penumpang hingga 40 orang, saat ini tidak boleh dan harus sesuai kapasitasnya," kata Jondrajuis.

UPP Mamuju, kata Jondrajuis, juga telah memberikan sertifikat dan pelampung pada setiap nelayan di daerah itu. Bahkan setiap perahu nelayan diberi nomer lambung sehingga jika terjadi suatu peristiwa, maka akan memudahkan proses pencarian.

"Setiap nelayan telah diberikan sertifikat dan perahu mereka diberi nomor lambung. Jadi, ketika terjadi musibah makan proses pencarian akan lebih mudah karena pencarian difokuskan pada nomor lambung itu," kata Jondrajuis.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar