Pemerintah konservatif Australia miliki peluang unggul dalam pemilihan

id Pemilihan di Australia,Konservatif lawan Buruh

Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyapa tetangga setelah mengunjungi lokasi pembangunan perumahan di Clifton Springs, Australia, Rabu (15/5/2019). AAP Image/Mick Tsikas/via REUTERS/ama/cfo (REUTERS/STRINGER)

Sydney (ANTARA) - Pemerintah konservatif pimpinan Liberal di Australia memiliki peluang menang dalam pemilihan nasional dengan meraih lebih setengah suara berdasarkan penghitungan pada Sabtu, media melaporkan, kendati belum jelas apakah partai itu akan memerintah dengan suara mayoritas.

Hasil-hasil itu menunjukkan perbedaan mencolok dengan jajak pendapat menjelang pemilihan, yang Buruh berhaluan kiri-tengah diproyeksikan akan menang.

Koalisi pimpinan Scott Morrison telah menang atau meraih 72 kursi dan memerlukan empat kursi lagi untuk unggul dengan suara mayoritas, demikian Komisi Pemilihan Australia (AEC)

Penghitungan suara masih berlangsung dan pemenang dalam pemilihan itu belum diumumkan.

"Saat ini tampak sangat jelas pemerintahan Morrison akan kembali berkuasa," kata Antony Green, kepala pengamat pemilihan dari Australian Broadcasting Association.

Menurut dia, koalisi akan memiliki lebih banyak kursi daripada oposisi dari Buruh.

Kedua partai utama itu mengalami penurunan dalam pemungutan suara utama mereka, menurut data AEC, yang disebabkan oleh kampanye United Australia Party (UAP) pimpinan Clive Palmer yang populis.

Sumber: Reuters
 
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar