Pelindo IV siapkan tiga garbarata sambut arus mudik Lebaran

id PT Pelindo IV,rus mudik, penumpang, layanan garbarata, Pelabuhan Makassar

Direktur Operasi dan Komersial PT Pelindo IV (Persero) Riman S Duyo di Kantor Pelindo IVMakassar, Senin (20/05/2019). ANTARA Foto/ Suriani Mappong

"Ini salah satu bentuk memberikan kenyamanan layanan pada penumpang," kata Riman.
Makassar (ANTARA) - PT Pelindo IV menyiapkan tiga garbarata masing-masing di Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Sorong, dan Pelabuhan Balikpapan untuk menyambut arus mudik Lebaran tahun ini.

Hal itu dikemukakan Direktur Operasi dan Komersial PT Pelindo IV (Persero) Riman S Duyo di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin. Dia mengatakan, dengan adanya fasilitas garbarata itu, penumpang dapat naik dan turun kapal sama seperti ketika naik pesawat tanpa perlu menggunakan tangga lagi, tetapi cukup masuk ke sebuah lorong penghubung antara gedung ruang tunggu ke kapal.

"Ini salah satu bentuk memberikan kenyamanan layanan pada penumpang," kata Riman.

Menurut dia, dari 21 pelabuhan yang dioperasikan PT Pelindo IV, baru tiga pelabuhan yang memiliki layanan garbarata. Namun ke depan, fasilitas itu akan terus ditambah, sehingga semua pelabuhan memiliki garbarata.

Selain itu, lanjut dia, praktik calo juga sudah dielemininasi dengan sistem tiket yang menggunakan boarding, sehingga hanya penumpang yang memiliki tiket dan boarding pass yang bisa masuk ke ruang tunggu dan naik ke kapal.

Khusus layanan mudik, Pelindo IV melalui mitranya yakni PT Pelni menyiapkan 13 unit kapal dengan 1.200 call yang beroperasi di 21 pelabuhan di wilayah PT Pelindo IV.

Sementara peran Pelabuhan Makassar merupakan hub atau penghubung antara wilayah barat dan timur Indonesia, termasuk di wilayah selatan dan utara, sehingga Pelabuhan Makassar tercatat paling ramai tingkat kunjungannya.

"Puncak arus penumpang di Pelabuhan Makassar sendiri di prediksi pada H-5 dan H+8 Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah," pungkasnya.

 
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar