Kedatangan penumpang di Pelabuhan Simboro Mamuju meningkat

id pelabuhan simboro,arus mudik,Angkutan Lebaran,penumpang mamuju

Kedatangan penumpang dari Pelabuhan Kariangau Balikpapan di Pelabuhan Simboro Mamuju pada arus mudik Idul Fitri tahun 2019. (ANTARA Foto/Amirullah)

Mamuju (ANTARA) - Kedatangan penumpang di Pelabuhan Simboro Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat mulai mengalami peningkatan, kata Ketua Posko Angkutan Lebaran Pelabuhan Simboro, Bahtiar.

"Kedatangan penumpang dari Balikpapan hari ini sudah mulai mengalami peningkatan cukup signifikan," kata Bahtiar, di Mamuju, Jumat.

Ia mengatakan, penumpang mudik dari berbagai wilayah di Kalimantan Timur itu tiba di Pelabuhan Simboro Mamuju, pada Jumat pagi menggunakan KM Laskar Pelangi.

Jumlah penumpang KM Laskar Pelangi yang tiba di Pelabuhan Simboro Mamuju pada Jumat, lanjutnya sebanyak 199 orang.

"Jumlah penumpang KM Laskar Pelangi yang tiba hari ini sebanyak 199 orang sementara pada hari biasanya hanya sekitar 100 atau di bawah 100 orang. Jadi, memang mulai mengalami peningkatan jumlah kedatangan," terang Bahtiar.

Ia mengatakan,  kedatangan penumpang pada arus mudik Idul Fitri di Pelabuhan Simboro diprediksi semakin ramai pada H-7 atau pada 29 Mei 2019.

"Kemungkinan, jumlah kedatangan pemudik dari Pulau Kalimantan di Pelabuhan Simboro mulai meningkat pada H-7 dan kami prediksi puncaknya pada H-3 atau pada 2 Juni 2019," kata Bahtiar.

Walaupun tiket pesawat masih mahal namun ia memprediksi, tidak akan terjadi lonjakan penumpang signifikan di pelabuhan ini pada arus mudik tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya.

Ia mengatakan, tiket pesawat tidak akan terlalu berpengaruh sebab di Mamuju terdapat dua pelabuhan yang melayani angkutan arus mudik dari Pulau Kalimantan ke Mamuju. Belum lagi pelabuhan yang ada di Sulsel dan Sulawesi Tengah, ucapannya.
 
"Jadi, masih mahalnya harga tiket tidak terlalu berdampak pada arus mudik lebaran di Pelabuhan Simboro," kata Bahtiar.

Sebelumnya, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Mamuju Jondrajuis mengatakan, telah melakukan berbagai langkah untuk menghadapi arus mudik tahun ini, termasuk kesiapan dua pelabuhan, yakni Pelabuhan Simboro dan Pelabuhan TPI.

Kedua pelabuhan itu, yakni Pelabuhan Simboro Mamuju yang melayani rute pelayaran menuju Pelabuhan Kariangau Balikpapan serta Pelabuhan TPI yang melayani rute pelayaran Mamuju-Pulau Ambo-Pulau Popoongan-Pulau Salisingan hingga Balikpapan serta trayek Mamuju-Budong-bodong dan Bontang (Kaltim).

 

 
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar