Arab Saudi undang Qatar dalam KTT Arab darurat

id KTT Arab Darurat,Qatar,Raja Saudi Salman

Qatar (REUTERS/Naseem Zeitoon) (REUTERS/Naseem Zeitoon/)

Kairo (ANTARA) - Qatar akhirnya diundang oleh Arab Saudi untuk menghadiri dua KTT darurat Arab yang akan berlangsung pada 30 Mei di Kota Makkah, Arab Saudi, demikian Kementerian Luar Negeri Qatar pada Minggu, setelah sebelumnya tidak dilibatkan.

Pekan lalu Qatar mengatakan pihaknya tidak dilibatkan dalam dua KTT yang direncanakan digelar di tempat paling suci bagi umat Muslim guna membahas implikasi serangan pesawat nirawak terhadap saluran pipa di kerajaan tersebut dan serangan terhadap empat tanker, dua milik Arab Saudi, di perairan Uni Emirat Arab bulan ini.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memboikot diplomatik dan sektor ekonomi Qatar sejak Juni 2017. Mereka menuduh bahwa Doha mendukung terorisme dan mendekati musuh kawasan itu, Iran. Qatar membantah tuduhan tersebut.

Amir Qatar Syekh Tamim bin Hamad Al Thani menerima undangan dari Raja Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud untuk menghadiri KTT penguasa Teluk Arab dan pertemuan yang lebih besar dengan para pemimpin Arab, menurut Kementerian Luar Negeri Qatar.

Undangan dan sepucuk surat diteruskan kepada Qatar oleh kepala Dewan Kerjasama Teluk (GCC), menurut pernyataan, tanpa menyebutkan apakah Qatar akan hadir dalam pertemuan tersebut.

Sumber: Reuters
 
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar