PSSI minta jadwal ulang pekan keempat Liga 1

id timnas indonesia,liga 1,simon mcmenemy

Pemain tim nasional putri Indonesia mengikuti seleksi dan pemusatan latihan di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (14/5/2019). ANTARA/HO-PSSI/aa

Jakarta (ANTARA) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) meminta operator liga PT Liga Indonesia Baru (LIB) menjadwal ulang pekan keempat Liga 1 Indonesia 2019 karena bersamaan dengan pertandingan tim nasional Indonesia.



"Kami meminta PT LIB dan seluruh mitra untuk memahami hal ini," ujar Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria di Jakarta, Jumat.



Menurut Ratu Tisha, berdasarkan laporan yang diterima pihaknya, LIB masih dalam proses melakukan penjadwalan ulang dan bagaimana teknisnya.



Tim nasional Indonesia akan menjalani dua pertandingan internasional FIFA di bulan Juni 2019 yaitu menghadapi Yordania pada 11 Juni 2019 di Amman, Yordania dan Vanuatu pada 15 Juni 2019 di Indonesia.



Berdasarkan jadwal, jika pada tanggal 11 Juni Liga 1 masih libur Lebaran, di tanggal 15 Juni ada tiga pertandingan Liga 1 Indonesia yang bergulir yaitu Bhayangkara FC kontra Persela Lamongan, PSM Makassar kontra Persipura dan Persebaya kontra Barito Putera.



Ratu Tisha menyebut, PSSI mau tidak mau harus mengambil jadwal laga timnas di tanggal 11 Juni dan 15 Juni 2019 karena sejatinya FIFA menetapkan tanggal 3-11 Juni 2019 sebagai jadwal pertandingan persahabatan resmi mereka. Periode itu bertabrakan dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri.



"Kondisinya memang tidak ideal karena digelar pada saat Lebaran. Akhirnya kami memutuskan berlangsung pada tanggal 11 dan 15 Juni. Tanggal 15 dipilih karena kami membutuhkan dua pertandingan untuk dapat mempertahankan peringkat FIFA timnas," kata dia.



Pertandingan internasional menghadapi Yordania dan Vanuatu berlangsung sebagai persiapan menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2022 sekaligus Kualifikasi Piala Asia 2023 yang dimulai September 2019.



Laga tersebut juga sangat penting bagi Indonesia karena jika menang akan mendongkrak posisi Indonesia di peringkat FIFA.



Ada 25 pemain yang dipanggil pelatih timnas Indonesia Simon McMenemy untuk dua pertandingan itu. Mereka menjalani pemusatan latihan (TC) pada 30 Mei-5 Juni 2019 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat. 

Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar