Jasa Raharja Sulsel berangkatkan 1.841 pemudik gratis

id Jasa Raharja,Mudik gratis,Pelabuhan Makassar,Menggunakan bus,Lebaran 2019

Kepala Cabang Jasa Raharja Sulsel, Jahja Joel Lami (dua kanan) berbincang bersama penumpang mudik gratis bareng BUMN, disela mengantar pemudik di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (1/6/2019) dini hari. (FOTO ANTARA FOTO/Darwin Fatir).

Makassar (ANTARA) - PT Jasa Raharja wilayah Sulawesi Selatan dan Barat sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali memberangkatkan pemudik dengan total 1.841 orang secara gratis melalui moda transportasi jalur darat dan laut pada Lebaran 2019 (Idul Fitri ) 1440 Hijriah.

"Tahun ini ada dua moda transportasi mudik gratis bagi masyarakat. Untuk jalur laut diberangkatkan 1.285 orang dengan rincian 785 orang tujuan Surabaya, dan 500 orang tujuan Baubau," kata Kepala Cabang Jasa Raharja Sulsel Jahja Joel Lami, disela mengantar pemudik di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu dini hari.

Sedangkan untuk pemberangkatan pemudik jalur darat, katanya, menggunakan bus tujuan enam daerah seperti Kota Palopo, Kabupaten Toraja. di Kabupaten Luwu Timur rutenya masing Mangkutana dan Malili, serta terjauh di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, dengan total sebanyak 556 orang penumpang.

Menurutnya, tahun ini untuk pemberangkatan mudik mengalami kenaikan kouta mencapai 73, 67 persen, atau meningkat dibandingkan tahun lalu sebanyak 1.060 orang pemudik.

"Mudik gratis bareng BUMN ini sebagai wujud kepedulian kami terhadap masyarakat dengan menyediakan perjalanan aman dan nyaman, serta sinergi BUMN Hadir untuk Negeri," katanya.

Khusus mengenai jalur mudik moda transportasi darat menggunakan bus, kata dia, tujuannya untuk menekan kemacetan dan angka kecelakaan lalulintas di jalanan saat pemudik berkendara menggunakan kendaraan roda duanya.

"Makanya disediakan bagi pemudik yang biasanya memakai motor, bisa naik bus. Selain nyaman juga aman bagi pemudik. Memang di awal pendaftarannya harus memiliki, KTP, STNK dam SIM untuk mendapatkan tiket bus," katanya.

Salah satu pemudik asal Baubau, Sulawesi Tenggara, Sofie (20) di Pelabuhan Makassar mengatakan sangat berterima kasih karena untuk kali kedua ikut mudik bareng bersama Jasa Raharja.

Ia pun beruntung karena masih terdaftar dalam data Jasa Raharja untuk diikutkan mudik gratis bareng BUMN.

"Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Jasa Raharja membantu pulang kampung bersama rekan-rekan. Kami juga dibekali makanan, baju dan topi saat berada di kapal. Alhamdulillah, saya dapat mudik gratis ini setelah ditelepon karena data saya masih tersimpan," katanya.


 
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar