Enam Hari Operasi Ketupat jumlah kecelakaan Lalin turun 68 persen

id Enam Hari Operasi Ketupat Jumlah Kecelakaan Lalulintas Turun 68 Persen,angka kecelakaan,polda sulsel

Kapolda Sulsel Irjen Pol Hamidin saat menerima bantuan alat penunjang berlalu lintas dari Jasa Raharja. ANTARA FOTO/Muh Hasanuddin

Makassar (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan mengklaim telah berhasil menurunkan angka kecelakaan lalu lintas hingga 68 persen selama enam hari pelaksanaan Operasi Ketupat 2019.

"Ini data yang kami terima dari lapangan dengan membandingkan data-data tahun lalu pada operasi yang sama yakni operasi ketupat dan angkanya menurun drastis," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani di Makassar, Selasa.

Ia mengatakan operasi ketupat serentak yang digelar di seluruh Indonesia oleh seluruh satuan dan fungsi turun bersama-sama menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat serta mengamankan arus mudik lebaran.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Ditlantas Polda Sulsel dari seluruh anggota di semua daerah, jumlah kecelakaan lalu lintas hanya 17 kasus pada tahun ini berbanding tahun 2018 yang ada 57 kasus.

"Ini untuk angka kecelakaan lalu lintasnya, jumlahnya itu hanya 17 kasus tahun ini, berbeda dengan tahun lalu yang ada 57 kasus untuk enam hari pertama sejak digelarnya Ops Ketupat," katanya.

Kombes Dicky menuturkan kurangnya kecelakaan lalu lintas dalam operasi ketupat di tahun 2019 karena aktifnya petugas kepolisian melakukan teguran dan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas.

Untuk tahun 2018 jumlah penindakan langsung (tilang) sebanyak 359 kasus dan di tahun 2019 jumlah tilang meningkat menjadi 716 kasus atau ada kenaikan 99 persen.

Sedangkan untuk teguran kepada para pengendara juga mengalami peningkatan dari 465 teguran pada tahun 2018 menjadi 1.098 teguran di tahun 2019 atau kenaikannya menjadi 136 persen.

"Upaya-upaya ini yang kami massifkan, penindakan langsung dan teguran-teguran demi keselamatan para pengendara. Ini cukup efektif dan terbukti dengan tingkat kecelakaan lalu lintas yang mengalami penurunan," terangnya.
 
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar