Survei: Tokayev menang Pilpres Kazakhstan

id Pemilihan presiden Kazakhstan,Kassym-Jomart Tokayev,menggantikan NursultanNazarbayev

Mantan presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev dan Presiden Kassym-Jomart Tokayev melakukan ibadah saat mereka mengunjungi sebuah pameran festival Navruz, sebuah perayaan kuno yang memperingati musim semi, di Astana, Kazakhstan, Kamis (21/3/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Mukhtar Kholdorbekov/cfo (REUTERS/MUKHTAR KHOLDORBEKOV)

Nur-Sultan (ANTARA) - Presiden petahana Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev tampil sebagai pemenang pemilihan presiden pada Minggu (9/6) dengan meraup 70 persen suara, menurut hasil sejumlah survei.

Survei yang dibuat oleh Public Opinion Research Institute Kazakhstan menunjukkan bahwa Tokayev memimpin perolehan suara dengan meraih 70,30 persen. Saingannya, Amirzhan Kosanov dari Gerakan Patriotik Nasional Bersatu "Ult tagdyry", hanya mengumpulkan 15,39 persen suara.

Pemungutan suara pada Minggu dimulai pukul 07.00 dan berakhir pukul 21.00 waktu setempat.

Dalam sistem pemilihan Kazakhstan, kandidat yang meraih lebih dari 50 persen suara dianggap terpilih sebagai presiden.

Pada 19 Maret, mantan Presiden Nursultan Nazarbayev mengumumkan keputusannya untuk mundur dan menunjuk Tokayev sebagai presiden sementara.

Nazarbayev menjalani jabatan sebagai presiden Kazakhstan selama hampir tiga dasawarsa sejak negara itu merdeka dari Uni Soviet pada 1991.

Tokayev (66 tahun), yang adalah politisi dan diplomat karier di Kazakhstan, diambil sumpah menjadi presiden sementara, satu hari setelah Nazarbayev menyatakan mengundurkan diri.

Sumber: Xinhua-OANA
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar