Basarnas Maluku Utara evakuasi tiga korban longboat

id basarnas ternate,tikep

Tim Basarnas saat evakuas tiga korban hanyut di perairan Tidore Kepulauan (Abdul Fatah)

Tidore Kepulauan (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) berhasil mengevakuasi tiga korban longboat yang hanyut dan hilang saat berlayar di sekitar perairan Kota Tidore Kepulauan.

"Sekitar pukul 01.35 wit dini hari, Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban di 1 NM arah Barat Desa Ome Tidore Pd Koordinat 0° 42' 107" N/127° 21' 546" E, selanjutnya satu korban dievakuasi ke Pulau Maitara bernama Fadli (20 tahun) dan dua korban Rendi (16 tahun) dan Ian (21 tahun) dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan ke Pelabuhan Bastiong Ternate menggunakan RIB 02 Ternate," kata Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah di Ternate, Senin.

Para korban setibanya di Ternate Pukul 01.50 wit, keduanya selanjutnya dievakuasi ke RSUD Chasan Boesoeri Ternate dikarenakan satu korban mengalami luka di bagian kaki.

Muhammad Arafah mengatakan, dengan ditemukannya korban maka Ops SAR ditutup dengan tiga korban ditemukan dalam kondisi selamat dan satu korban mengalami luka ringan.

Sebelumnya, Tim SAR berhasil menyelamatkan delapan kru kapal Tugboat TB Buana Sukses VIII yang mati mesin dan hanyut di antara perairan Pulau Taliabu dan Kepulauan Sula, Malut.

"Tim SAR gabungan dapat berkomunikasi dengan Mualim I Bpk. Baharudin dengan hasil TB Buana Sukses VIII berhasil menghidupkan 1 mesin dan seluruh korban dalam keadaan selamat sekitar pukul 07.43 wit pagi tadi," kata Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah di Ternate, Jumat.

Kemudian kapal Tug Boat tersebut diarahkan dan dipandu untuk masuk sandar di dermaga pulau keramat desa Bobong Pulau Taliabu pada koordinat 1° 53' 46.2" s - 124° 22' 22.8".

Dalam pencarian itu, tim SAR gabungan dalam melakukan pencarian ini menggunakan kapal tug boat buana ekspres.
 
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar