KSOP Ternate awasi kapasitas penumpang arus balik melebihi kapasitas

id arus balik Ternate,Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate

Suasana arus balik Lebaran 2019 di Pelabuhan Ahmad Yani, Kota Ternate, Maluku Utara, Senin (10/6/2019). (FOTO ANTARA/Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate, Maluku Utara (Malut) intensif mengawasi kapasitas "speedboat" saat mengangkut penumpang arus balik Lebaran (Idul Fitri) 1440 Hijriah.

"Pengawasan arus balik diperketat mulai dari kesiapan mesin, fasilitas keselamatan hingga penumpang guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut dan selama pengawasan ini, belum ditemukan adanya speedboat yang bermasalah, tetapi setiap mau berangkat tetap dilakukan pengecekan secara ketat," kata Kepala KSOP Kota Ternate, Taher Laitupa di Ternate, Senin.

Menurut dia, kalau ada motoris yang membawa penumpang melebihi kapasitas tidak dizinkan untuk beroperasi, sehingga harus mematuhi berbagai aturan pelayaran, karena masih ditemukan ada speedboat yang membawa penumpang pada malam hari.

"Sesuai ketentuan, speedboat membawa penumpang terutama untuk rute Ternate-Rum dan Ternate-Sofifi maupun rute Ternate-Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat jam operasionalnya hanya pukul 18.00 WIT dan kalau ada yang membandel akan dikenai sanksi," katakanya.

Sehingga, kata dia, KSOP setempat intensif mengawasi seluruh aktivitas pelayaran dari dan ke Ternate, terutama arus mudik Idul Fitri tahun ini.

Taher Laitupa mengakui, pihaknya menerjunkan tim dan melibatkan pihak pihak keamanan untuk bersama-sama melakukan pengawalan di areal pelabuhan. Selain untuk menjamin keamanan juga memberikan kenyamanan calon penumpang yang hendak berangkat.

"Setiap calon penumpang yang hendak berangkat harus menunjukkan tiketnya, sehingga ini bisa mengantisipasi bagi calon penumpang yang tidak mendapatkan tiket, karena untuk menghindari kelebihan penumpang yang tidak sesuai dengan kapasitas kapal," ujarnya.

Sementara itu, Bandara Sultan Babullah Ternate, mengantisipasi lonjakan arus balik penumpang menggunakan transportasi udara menjelang Idul Fitri 1440 Hijriah.

Sehingga, pengguna jasa angkutan udara baik yang berangkat maupun pengantar di Bandara Sultan Babullah Ternate diminta untuk selalu mematuhi semua ketentuan yang berlaku di dalam penerbangan maupun di Bandara Sultan Babullah Ternate, demi kelancaran operasional bandara.
 
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar