Macron dukung Merkel dalam pencalonan pemimpin Uni Eropa

id Angela Merkel,Komisi Eropa,Jean-Claude Juncker

Kanselir Jerman Angela Merkel berbincang dengan sejumlah tentara saat kunjungannya meninjau pasukan pelopor baru NATO "VJTF 2019" di Munster, Jerman, Senin (20/5/2019). REUTERS/Fabian Bimmer/djo/wsj. (REUTERS/FABIAN BIMMER)

Jenewa (ANTARA) - Presiden Prancis Emmanuel Macron, Selasa, mengatakan akan mendukung Kanselir Jerman Angela Merkel jika ia maju untuk menggantikan Jean-Claude Juncker sebagai presiden Komisi Eropa.

Pemimpin Jerman itu menuturkan ia akan pensiun dari dunia politik setelah masa jabatan keempatnya berakhir pada 2021. Namun beberapa pemimpin di blok tersebut berharap agar Merkel mempertimbangkannya kembali, mengingat banyaknya pengalaman dan komitmen terhadap Uni Eropa.

Macron, ketika ditanyai dalam wawancara dengan stasiun TV Swiss berbahasa Prancis, RTS apakah ia akan mendukung pencalonan Merkel, mengatakan ia tidak dapat berbicara untuknya.

"Namun jika Merkel mencalonkan diri, saya mendukungnya," kata dia. "Tentu saja saya akan mendukung, karena pertama saya pikir kita membutuhkan seseorang yang tangguh. Eropa butuh wajah-wajah baru dan wajah-wajah tangguh, sehingga kita membutuhkan kepribadian yang sebenarnya mencakup itu."

Macron dan Presiden Dewan yang akan mundur Donald Tusk merupakan di antara mereka yang meminta agar perempuan dipilih untuk memegang dua dari empat jabatan senior seperti Ketua Komisi, Presiden Dewan, Kepala Parlemen Eropa dan Diplomat tinggi Uni Eropa.

Sumber: Reuters
 
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar