500 warga Mamuju peroleh BSPS untuk renovasi rumah

id bsps mamuju,500 warga,Renovasi rumah tak layak huni

Bupati Mamuju Habsi Wahid (kiri) saat menyerahkan secara simbolis bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) tahun 2019, di Gedung Pemuda Mamuju, Rabu (16/6). (Foto Humas Pemkab Mamuju)

Mamuju (ANTARA) - Sebanyak 500 warga Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, akan mendapatkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2019.

Bupati Mamuju Habsi Wahid, Rabu (12/6) mengatakan, bantuan tersebut berupa biaya renovasi rumah tak layak huni yang digelontorkan pemerintah melalui Satuan kerja Non-Vertikal Tertentu (Satker SNVT) Perumahan Provinsi Sulawesi Barat.

Bantuan tersebut berbentuk dana sebesar Rp15 juta untuk biaya pembelian bahan bangunan dan Rp2,5 juta untuk ongkos kerja.

"Bantuan tersebut akan disalurkan secara bertahap," kata Habsi Wahid, pada Sosialisasi BSPS yang dilaksanakan di Gedung Pemuda Mamuju, Rabu.

Program BSPS dari pemerintah pusat tersebut, lanjut Bupati, adalah salah satu bentuk kepedulian dari pemerintah untuk menciptakan pemerataan pembangunan.

Program itu juga sekaligus gambaran sinergitas pemerintah di semua tingkatan.

"Programnya dari pemerintah pusat kemudian difasilitasi oleh Gubernur dan pemerintah daerah yang memfasilitasi masyarakat penerima manfaat," ujar Habsi.

Ia mengatakan, program BSPS tersebut sangat perlu disyukuri, dan masyarakat diharapkan tetap dapat menyatukan visi dengan pemerintah agar peningkatan kesejahteraan dapat terus dilanjutkan.

Sementara, Tenaga Ahli Pemberdayaan Irwan Wahid mengatakan, bantuan BSPS ditargetkan hanya menjadi stimulan.

"Karena biaya yang disiapkan senilai Rp17,5 juta per Kepala Keluarga tentu tidak akan cukup membiayai renovasi rumah secara keseluruhan," ujarnya.

"Untuk itu dibutuhkan komitmen dari masyarakat penerima bantuan agar secara swadaya membiayai kelanjutan perbaikan rumahnya masing-masing," tutur Irwan Wahid.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar