Qatar raih hasil positif di Copa America 2019

id timnas qatar,timnas paraguay,copa america

Para pemain tim nasional Qatar merayakan gol Boualem Khoukhi (nomor punggung 16) ke gawang Paraguay dalam laga penyisihan Grup B Copa America 2019 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brazil, Minggu (16/6/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Pilar Olivares)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Qatar melakoni debut positif di Copa America 2019 dengan menahan imbang Paraguay 2-2 dalam laga penyisihan Grup B di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brazil, Senin dini hari WIB.

Qatar sempat tertinggal lebih dulu akibat penalti Oscar Cardozo dan gol Derlis Gonzalez, namun perjuangan keras mereka membuahkan hasil gol Almouz Ali dan Boualem Khoukhi, demikian catatan laman resmi turnamen.

Kendati tak meraih tiga poin penuh, penampilan Qatar sebagai satu dari dua tim undangan Copa America 2019 bersama Jepang jauh lebih baik dibandingkan Argentina yang sempat diunggulkan merajai Grup B namun malah kalah 0-2 dari Kolombia pada Minggu (16/6) pagi WIB.

Raihan satu poin membuat kedua tim sama-sama berada di urutan kedua klasemen sementara Grup B di bawah Kolombia (3) dan di atas Argentina (0).

Tim besutan Felix Sanchez tiba di Brazil dengan kepercayaan tinggi usai meraih trofi Piala Asia Februari lalu, namun laga baru berjalan dua menit dan petaka terjadi di dalam kotak penalti mereka.

Umpan silang Miguel Almiron yang disambut sundulan Bruno Valdez malah membuat bola mengenai tangan bek Pedro Miguel dan wasit Diego Mirko Haro tanpa ragu segera menunjuk titik putih.

Kesempatan itu tak disia-siakan oleh Cardozo yang menghadapi bola dengan tenang dan menaklukkan kiper Saad Al Sheeb demi membuka keunggulan Paraguay.

Ketertinggalan itu membuat Juara Asia itu berusaha untuk segera mencetak gol balasan namun mereka selalu kesulitan bergerak ketika berhasil membawa bola di sepertiga akhir lapangan dan babak pertama berlalu dan usai dalam skor 1-0 untuk keunggulan Paraguay.

Memasuki babak kedua Paraguay tampil lebih percaya diri dan Cardozo berhasil menyontek bola ke dalam gawang pada menit ke-51 menyambut umpan tarik Gonzalez, yang baru masuk usai turun minum menggantikan Hernan Perez.

Namun gol itu dianulir karena Gonzalez terlanjur berada dalam posisi offside ketika menerima bola umpan jauh.

Lima menit sesudahnya, Paraguay akhirnya betul-betul memperoleh gol kedua mereka. Gonzalez membayar lunas kesalahannya dengan mencetak gol tersebut lewat tembakan melengkung dari luar kotak penalti.

Kendati tertinggal dua gol, Qatar tak langsung putus asa dan terus berusaha menerobos pertahanan Paraguay.

Pada menit ke-68 Qatar berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 saat Ali menerima umpan dari Tarek Salman di tepian kotak penalti lawan dan melepaskan tendangan yang sempat mengenai kaki bek Paraguay sebelum melambung dan mengecoh kiper Roberto Fernandez sebelum bersarang ke dalam gawang.

Gol itu melecut para pemain Qatar dan pada menit ke-77, mereka sukses menyamakan kedudukan 2-2 lewat gol Khoukhi.

Memanfaatkan kelonggaran pertahanan Paraguay, Akram Afif menyodorkan umpan terobosan yang berhasil dikendalikan Khoukhi dan ia melepaskan tendangan yang sempat dihalau Fernandez namun bola tetap memantul ke dalam gawang. Rodrigo Rojas mengejar bola dan berusaha menyapunya sebelum melewati garis, namun sundulannya malah membuat bola makin masuk ke dalam gawang.

Bukan saja gagal menyelamatkan bola, Rojas juga terjatuh dalam posisi tak sempurna dalam upayanya tersebut sehingga harus ditarik keluar digantikan Richard Sanchez sembari terlihat meringis kesakitan memegangi lengan kirinya.

Qatar berusaha untuk menuntaskan kebangkitan mereka dan mencari lagi celah di pertahanan Paraguay, namun hingga laga usai tak ada gol tambahan dan skor akhir tetap imbang 2-2.

Qatar selanjutnya akan menghadapi Kolombia di Stadion Morumbi, Sao Paulo, pada Kamis (20/6) pagi WIB, sebelum kemudian Paraguay bertemu Argentina di hari yang sama.

Susunan pemain:

Paraguay (4-3-3): Roberto Fernandez; Bruno Valdez, Fabian Balbuena, Junior Alonso, Santiago Arzamendia; Celso Ortiz, Rodrigo Rojas (Richard Sanchez), Miguel Almiron; Hernan Perez (Derlis Gonzalez), Oscar Cardozo, Cecilio Dominguez (Juan Iturbe)
Pelatih: Eduardo Berizzo

Qatar (5-3-2): Saad Al Sheeb; Pedro Miguel, Abdelaziz Hatim (Karim Boudiaf), Boualem Khoukhi, Tarek Salman, Abdelkarim Hassan; Bassam Al Rawi, Assim Madibo, Hassan Al Haydos; Almoez Ali, Akram Afif
Pelatih: Felix Sanchez
Pewarta :
Editor: Amirullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar