Sineas Makassar garap film series "Rumah" edukasi sosial dan keluarga

id Sineas Makassar, Rafa Film Indonesia, film Rumah,rumah,film,lkbn antara

Kru dan pemain film drama seri "Rumah" saat menyambangi Kantor LKBN Antara Biro Sulawesi Selatan dan Barat di Jalan AP Pettarani Makassar belum lama ini. ANTARA Foto/Nur Suhra Wardyah

Makassar (ANTARA) - Satu lagi karya anak muda Makassar dari sineas-sineas lokal Kota Daeng yang akan menyapa warga Sulawesi Selatan, yakni film series berjudul "Rumah" yang menawarkan edukasi sosial dan keluarga.

Hal tersebut terungkap setelah tim dan kru film Rumah menyambangi Kantor LKBN Antara Biro Sulawesi Selatan dan Barat di Jalan AP Pettarani Makassar, Kamis (20/6).

Sutradara Film Rumah, Jabal Nur menyampaikan pembuatan film ini terinspirasi dari sebuah film hollywood berjudul "Time", di mana Rumah dianggap tempat kecil biasa namun mampu mempengaruhi sendi-sendi kehidupan.

"Filmnya mengangkat segala hal persoalan rumah. Banyak orang menganggap rumah hal biasa, padahal dari rumah persoalan biasa bisa menjadi luar biasa. Kita mau menyampaikan bahwa tidak cenderung anak-anak bahagia karena gemilang harta" ungkapnya.

Jabal mengibaratkan salah satu permasalahan dalam rumah ialah orangtua yang sangat sibuk sehingga tidak memiliki waktu luang bagi anggota keluarganya yang lain, dan korbannya sendiri ialah anak-anak. Merasa kesepian, tidak ada tempat untuk bercerita, mengeluh dan berkasih sayang.

Ia mengatakan pendekatan melalui audio visual melalui film dianggap sangat pas untuk menggambarkan kondisi "Rumah" di berbagai wilayah Indonesia, khususnya pada kawasan metropolitan yang umumnya banyak polemik terjadi.

"Hampir semua genre kami sajikan dalam film ini, misalnya unsur komedi, sedih, senang dan action juga ada. Karena ada tayangan yang melibatkan polisi dan mafia pada saat penculikan anak," ungkapnya.

Sementara Producer Film Rumah, Anto Rocka menyebutkan telah melakukan proses syuting seri pertama dari enam seri yang rencana bakal digarap, melibatkan sekitar 20 orang termasuk beberapa sineas lokal dengan keahlian masing-masing.

"Dengan dana yang sangat terbatas, beberapa teman-teman sineas berhasil kami libatkan meski masih dengan harga bersahabat seperti sineas visualisasi editing dan pengambilan gambar," ungkapnya.

Dinaungi oleh Rafa Studio Indonesia, film tersebut dijadwalkan akan segera tayang di salah satu televisi swasta pada pertengahan Juli 2019 mendatang dengan waktu siar setiap akhir pekan.

"Bukan hanya di televisi, film drama seri ini juga bisa disaksikan di Youtube," ungkap pria dengan nama lengkap Rakhmat Aidul Fitrianto.

Selain film Rumah, Rafa Studio Indonesia juga tengah menyiapkan sebuah film layar lebar dengan judul "Gadget". Judul film yang terinspirasi dari realitas zaman sekarang. Tidak sedikit anak yang meluangkan waktu dengan bermain handphone dan mulai mengabaikan sekitarnya.
 

Adapun nama-nama pemain dan kru film web series "Rumah" yakni:

Produser Eksekutif : Muhammad Askar, SKM
Produser Eksekutif : Dr. Irsyad Dhahri, SH, MH
Produser : Anto Rocka
Sutradara : Jabal Nur

Pemain :
1. H. Nawir Parenrengi
2. Munchex
3. Amir Desar
4. Maiva Linda
5. Sharon Leidelmeyer
6. Mustika Irwan
7. Sudirman
8. Nurwansyah Dewa Irwan
9. Imtiyaz Rinaldy
10. Habib Rinaldy
11. Adiiba Shoffiyah Rahma
12. Dwi Ananda Pratiwi
13. Dwi Zahra Febriani
14. Riona Meymey
15. Roy Jordy
16. Bang Isnet
17. Meisya Priskia
18. Silfitriani Ihsan

Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar