Pj Wali Kota Makassar penuhi undangan PBB ikuti UNPSF 2019

id Pj wali kota makassar,Penuhi undangan PBB,Inovasi Pemkot Makassar,PBB,Perserikatan Bangsa Bangsa,United Nations Public Service Forum,UNPSF

Pj Wali Kota Makassar M Iqbal Samad Suhaeb (tiga dari kiri) bersama Menteri PAN-RB Syarifuddin (tengah) berfoto bersama rombongan di sela mengikuti pertemuan PBB di Baku, Azerbaijan, Selasa (25/6/2019) (ANTARA/HO/Humas Pemko Makasar)

Makassar (ANTARA) - Pejabat Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan, M Iqbal S Suhaeb bertolak ke Baku, Azerbaijan memenuhi undangan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk mengikuti kegiatan United Nations Public Service Forum (UNPSF) 2019.

Kepala Bagian Setda Perekonomian dan Kerjasama Kota Makassar, Najiran Syamsuddin saat melaporkan dari Baku, Azerbaijan, Selasa, menyatakan, selama berada disana Wali Kota Iqbal bersama rombongan juga akan mengikuti workshop inovasi pelayanan publik di Haydar Aliyef Center, Kota Baku, Azerbaijan, pada 24 hingga 26 Juni 2019.

Wali Kota Iqbal bersama rombongan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi (KemenPAN-RB) meninggalkan Tanah Air pekan lalu. Selain Iqbal juga ada beberapa kepala daerah di Indonesia yang turut hadir pada acara tersebut.

Agenda lain yang diikuti Wali Kota Iqbal adalah mengunjungi dan mempelajari inovasi pelayanan publik di UNPSF, ASAN Xidmat di Azerbaijan dan Public Service Hall di Georgia pada 25 sampai 27 Juni 2019.

"Keikutsertaan Kota Makassar dikarenakan Makassar menjadi salah satu kota di Indonesia yang mendapatkan Award Top 40 Inovasi Makassar melalui inovasi “Longset (Lorong Sehat)” masuk dalam UNPSA (United Nations Public Service Awards) melalui seleksi KemenPAN-RB yang masuk dalam TOP 40 tahun 2017," jelas Najiran.

Sementara, menurut Wali Kota Iqbal, kehadiran Pemkot Makassar memenuhi undangan PBB sangat diperlukan untuk memperkuat peran Kota Makassar dalam dunia internasional utamanya melalui keikutsertaan Indonesia dalam forum PBB.

"Forum ini merupakan wadah transfer pengetahuan mengenai kebijakan, praktik, dan inovasi pelayanan publik yang paling mutakhir di antara negara - negara anggota PBB lainnya," sebut Iqbal.

Indonesia merupakan negara yang aktif berperan serta dalam kegiatan UNPSA dan UNPSF sejak tahun 2015. Keikutsertaan tersebut sejalan dengan prestasi Indonesia dalam mendapatkan penghargaan UNPSA pada tahun 2015 dan 2018, yang dianugerahkan pada pelaksanaan UNPSF di tahun tersebut.

Capaian itu menjadikan Indonesia dikenal dalam berbagai forum internasional terkait dengan inovasi pelayanan publik. Partisipasi Indonesia dalam UNPSF 2019 di Baku, Azerbaijan dikarenakan pada tahun ini Indonesia kembali meraih award sebagai juara pertama pelayanan publik melalui Badan Penanggulangan Bencana RI dengan Inovasi “Peta Bencana”.

Penerimaan penghargaan Top Inovasi 2019 tingkat dunia yang diselenggarakan oleh PBB melalui UNPSF bertempat di Heydar Aliyev Center, Baku, Azerbaijan, Senin, 24 Juni 2019.

PBB mengundang negara dan kota yang ikut dalam kompetisi inovasi UNPSA hadir dalam forum bergengsi ini.

Keikutsertaan Makassar dalam UNPSF menjadi penting karena membuat nama Makassar dikenal di mata dunia, dan sebagai bentuk partisipasi pada kegiatan peningkatan pelayanan publik terutama kompetisi yang dilaksanakan oleh Kemenpan-RB sebagai pembina, kompetisi inovasi pelayanan publik (KIPP).
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar