Vinales juarai MotoGP Belanda setelah duel ketat dengan Marquez

id Maverick Vinales,Pebalap dari tim Monster Energy Yamaha MotoGP,motogp belanda,Sirkuit Assen

Pebalap MotoGP Yamaha Maverick Vinales melakukan selebrasi setelah memenangkan TT Assen Grand Prix di TT Circuit Assen, Assen, Belanda, Minggu (30/6/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Piroschka Van De Wouw/wsj/cfo

Jakarta (ANTARA) - Pebalap dari tim Monster Energy Yamaha MotoGP Maverick Vinales memenangi balapan seri kedelapan MotoGP di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu.

Pria asal Spanyol itu memenangi duel dengan rival senegaranya Marc Marquez (Repsol Honda) sepanjang lomba dengan finis di depan dengan jarak 4,854 detik untuk mempersembahkan kemenangan pertama tim pabrikan Yamaha musim ini, demikian laman resmi MotoGP

Pebalap tim satelit Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT), yang start dari pole position, harus puas finis ketiga, untuk meraih podium kedua kalinya musim ini.

Start balapan menampilkan kejutan. Start dari P3 dan P5, duo pebalap Suzuki Alex Rins dan Joan Mir langsung geber gas sejak start untuk mengambil dua posisi terdepan.

Ketika dua rookie, Mir dan Quartararo bersaing untuk tempat kedua, Rins, yang memimpin lomba, malah terjatuh di lap kedua.

Tak lama Quartararo mengambil alih pimpinan lomba dari Mir, sementara sang pebalap Suzuki melorot kembali ke P5.

Sementara Marc Marquez (Repsol Honda) dan Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) membayangi di belakang sang pebalap asal Prancis itu.

Menekan Marquez, Viñales justru kehilangan waktu berharga ketika melebar di Tikungan 3 dan sempat membahayakan posisinya.

Marquez memanfaatkan ketidakstabilan motor Quartararo, yang bergoyang hebat di lintasan lurus, untuk mengambil alih pimpinan lomba di lap 11.

Tak menyerah, satu lap kemudian Quartararo kembali merebut pimpinan lomba ketika Marquez melebar di Tikungan 2.

Assen kali ini menjadi saksi pertarungan tiga pebalap di depan yaitu Quartararo, Marquez dan Viñales, yang meninggalkan pebalap lainnya di belakang.

Di lap ke-15 Viñales meiliki kecepatan yang dibutuhkan untuk menyalip Marquez dan satu lap kemudian mengambil alih pimpinan lomba dari Quartararo.

Quartararo kembali mendapat kejutan ketika disalip Marquez dan melorot ke P3.

Viñales kembali membuat kesalahan di Tikungan 1 yang dimanfaatkan dengan baik oleh Marquez untuk memimpin dengan sembilan lap tersisa, namun daya manuver dan power motor Yamaha bernomor 12 itu memudahkannya merebut kembali posisinya tak lama setelah itu.

Di sisa putaran tersisa, Marquez tak berdaya mengejar motor Yamaha di depannya, hingga rival senegaranya itu menyentuh garis finis pertama dengan jarak cukup jauh 4,8 detik di depan.

Sementara itu rekan satu tim Viñales, Valentino Rossi gagal finis untuk kali ketiga secara beruntun setelah terlibat insiden tabrakan dengan Takaaki Nakagami (LCR Honda) di tikungan 8 ketika balapan baru berlangsung 2 putaran.

Andrea Dovizioso tak bisa memberikan perlawanan di kelompok pebalap terdepan dan harus puas finis P4 untuk Ducati dengan jarak 14,147 detik dari juara lomba, sementara rekan satu timnya, Danilo Petrucci finis P6 di belakang pebalap rookie Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) di P5.

Cal Cruthclow mengamankan poin di P7 untuk LCR Honda diikuti Joan Mir di P8.

Jack Miller finis P9 untuk Pramac Racing dan Andrea Iannone melengkapi peringkat 10 besar untuk Factory Aprilia Gresini.

Jorge Lorenzo (Repsol Honda) dinyatakan tidak fit untuk bertarung di GP Belanda hingga seri selanjutnya di Jerman menyusul kecelakaan di sesi latihan bebas yang menyebabkan retak tulang punggung.

Dengan hasil itu Marquez masih memimpin klasemen pebalap sementara dengan 160 poin, unggul 44 poin dari Dovizioso yang berada di peringkat dua. Pebalap Ducati lainnya, Petrucci di peringkat tiga dengan 108 poin.

Viñales dengan tambahan 25 poin naik dari peringkat 11 ke 7 klasemen dengan raihan 65 poin.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar