PT Pelindo IV optimalisasi SDM melalui pemetaan bakat

id PT Pelindo IV, Pemetaan bakat, potret SDM, Makassar

Suasana tes pemetaan bakat yang digelar Pelindo IV Makassar dalam optimalisasi SDM menghadapi Revolusi 4.0 . ANTARA Foto/ HO/ Humas Pelindo IV

Makassar (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (persero) IV melakukan optimalisasi Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pemetaan bakat sebagai bagian dari upaya memotret karyawan periode 2019.

"Kegiatan ini terkait penyelarasan Pelindo IV optimalisasi SDM melalui pemetaan bakat yang terkait dengan revolusi 4.0 sudah di depan mata," kata Direktur SDM Pelindo IV M Asyhari di Makassar, Jumat.

Menurut dia, pentingnya pemetaan potensi SDM ini, karena industri generasi ke empat ini merupakan perubahan sektor industri dunia yang dipengaruhi oleh maraknya perkembangan teknologi serta internet.

Mencermati hal itu, lanjut Asyhari suka tidak suka, BUMN yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan ini juga pasti menghadapi revolusi ini dan bersiap menghadapi perubahan tersebut.

Baca juga: Pelindo IV sosialisasi dan luncurkan ISO

Berkaitan dengan fenemona tersebut, pihak manajemen PT Pelindo IV bekerja sama dengan PPM Manajemen melakukan Potential Review 2019 kepada 554 orang karyawan guna menggali potensi diri SDM yang ada di Pelindo IV yang diikuti oleh karyawan Kantor Pusat, Cabang Makassar, Terminal Petikemas Makassar (TPM), serta anak dan cucu perusahaan.

"Test potensi diri yang dilaksanakan masing-masing peserta menjadi 'potret' semua karyawan Pelindo IV," katanya.

Test ini juga untuk optimalisasi SDM melalui pemetaan bakat, sesuai arahan Pemerintah untuk fokus pada pengembangan SDM. Alapagi peningkatan kinerja harus diikuti dengan peningkatan SDM yang ada.

Asyhari mengatakan, melalui Potential Review ini, pihaknya ingin mendapatkan talent yang bagus. Talent adalah seseorang yang bisa membuat perbedaan dalam kinerja. Disebutkan tidak ada orang yang bodoh, yang ada hanyalah orang yang berada di tempat yang tidak cocok.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar