18 rumah di Aceh Barat Daya rusak terempas gelombang pasang

id Gelombang Pasang Landa Abdya,BPBD Abdya,BPBA

Sejumlah rumah rusak parah akibat diterjang gelombang pasang air laut akibat abrasi di Desa Palak Kerambil, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Minggu (21/7/2019) siang. (ANTARA/Istimewa)

Meulaboh (ANTARA) - Sebanyak 18 unit rumah di Desa Palak Kerambil, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya, rusak parah setelah terempas gelombang pasang akibat abrasi pantai yang melanda daerah itu pada Minggu (21/7) siang.

Dampak bencana tersebut menyebabkan sebanyak 14 unit rumah warga rusak ringan dan empat unit rumah lainnya rusak berat.

"Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, akan tetapi sejumlah rumah warga ikut terdampak," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Teuku Ahmad Dadek kepada Antara, Minggu di Meulaboh.

Menurut dia, dampak kerusakan yang ditimbulkan dari bencana alam tersebut menyebabkan warga yang menempati kawasan bibir pantai harus kehilangan harta benda mereka.

Guna mengantisipasi musibah susulan, BPBD Aceh Barat Daya juga sudah menurunkan alat berat untuk melakukan pembersihan di lokasi.

Tidak hanya itu, kata Dadek, alat berat yang dikerahkan tersebut juga mengangkut pasir untuk diisi ke dalam goni oleh masyarakat setempat guna membuat tanggul pengaman sementara.

Hingga Minggu siang, pihaknya masih melakukan pendataan di sekitar lokasi bencana guna mengantisipasi langkah selanjutnya, sekaligus membentuk dapur umum untuk membantu logistik bagi korban bencana selama beberapa hari ke depan.
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar