PMI peroleh seratusan labu darah dari donor SKK Migas-PetroChina

id petrochina, skk migas, tanjung jabung timur geragai, base camp

Petugas pengambilan darah dari PMI Provinsi Jambi tengah melakukan pengambilan darah dari dua pendonor dalam kegiatan donor darah SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd di Geragai Base Camp di Muarasabak , Tanjabtim, Minggu. (Foto Syarif Abdullah/jambi.antaranews.com)

Jambi (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jambi memperoleh tambahan seratusan labu darah dari hasil donor darah yang digelar SKK Migas - PetroChina International Jabugg Ltd yang digelar di Geragai Base Camp di Muarasabak Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Minggu.

"Target dalam kegiatan donor darah di PetroChina ini sebanyak seratus labu, namun realisasinya lebih. Stok darah di PMI Jambi menambah cukup signifikan hari ini," kata Ketua Tim Donor Darah PMI Provinsi Jambi, Amin, di sela-sela kegiatan donor darah itu.

Pada kegiatan yang digelar mulai Minggu pagi sekitar pukul 08.00 WIB diikuti oleh pimpinan dan karyawan PetroChina baik yang tengah bertugas maupun yang mereka datang kendati sedang libur kerja.

Tim PMI Provinsi Jambi memboyong sejumlah personel untuk melakukan pengambilan darah dari para karyawan perusahaan energi tersebut. Rata-rata setiap karyawan atau pendonor sudah terbiasa melakukan donor darah secara rutin. Kendati demikian ada juga beberapa di antaranya yang baru menjalaninya.

"Kegiatan donor darah di perusahaan seperti ini cukup efektif, terlebih mereka rutin menggelarnya, sehingga jelas sangat membantu PMI," kata Amin.

Kegiatan donor darah itu juga mendapat pendampingan dari tim kesehatan PetroChina , dr William yang melakukan pendampingan sepanjang kegiatan donor darah digelar.

"Sebelum donor, mereka diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan mereka memenuhi syarat untuk donor. Salah satunya adalah dalam kondisi sehat, tidak sedang hipertensi, sebelumnya tidak mengkonsumsi obat-obatan terutama antibiotik dan pengecekan lainnya," kata dr William.

Beberapa peserta memiliki 'jam terbang' sebagai pendonor yang cukup tinggi. Salah satunya Andys dan Heru dari departemen logistik, keduanya mengaku telah 16 kali melakukan donor darah.

"Sejak kami bertugas di PetroChina , rutin melakukan donor darah. Hingga saat ini sudah yang ke-16 kali," kata Andys yang sebelumnya bertugas di PetriChina Tuban.

Ia mengaku merasa lega dan senang karena bisa memberikan sumbangsihnya sebagai pendonor darah sehingga bisa membantu bagi orang yang membutuhkan donor darah.

"Ya semampu kami bisa, salah satunya dengan donor ini. Dengan kegiatan donor ini saya dapat lega dan senang bisa membantu sesama," kata Andys yang diiyakan oleh Ketua Tim Donor Darah PMI, Amin yang melayani pengambilan darah kedua orang itu.

Tak hanya karyawan, sejumlah karyawati perusahaan itu juga ikut mendonorkan darahnya. Salah satunya Ny Endang, dari contact admin advisor. Wanita berkerudung tersebut datang mendonor pada tengah hari. Setelah diperiksa dan memenuhi syarat untuk donor, ia mengambil posisi di tempat duduk untuk pengambilan darah.

"Ini kali ketiga saya mendonor darah, pada kali kedua saya sempat pingsan. Namun saya tidak kapok untuk mendonor darah karena memang saya memenuhi syarat untuk donor. Saya senang bisa melakukannya dan akan terus menjadi pendonor darah," kata Ny Endang.

Pelaksanaan donor darah di perusahaan itu berlangsung hingga petang. Darah yang terkumpul disimpan ke dalam dua alat penyimpanan khusus untuk selanjutnya dibawa ke PMI Provinsi Jambi untuk diproses lebih lanjut.

"Selain mendatangi perusahaan, donor juga di masjid-masjid juga melayani donor darah di posko PMI," kata Ketua Tim Donor Darah PMI Jambi, Amin menambahkan.***
 
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar