Pemkab Pasangkayu prioritaskan pembangunan mental dan reformasi birokrasi

id pasangkayu,prioritaskan pembangunan mental dan reformasi birokrasi

Pemkab Pasangkayu prioritaskan pembangunan mental dan reformasi birokrasi

Pertemuan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan BPK RI Perwakilan Sulbar, di Pasangkayu, Selasa (23/7/2019). (Foto/HO/Humas Pemkab Pasangkayu)

Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat pada rancangan Nawa Jiwa tahun 2019 fokus pada pembangunan mental spritual dan reformasi birokrasi.

Penegasan itu disampaikan Sekretaris Kabupaten Pasangkayu FIrman pada pertemuan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan BPK RI Perwakilan Sulbar, di Pasangkayu, Selasa.

Ia menyampaikan bahwa pemerintah setempat membangun Pasangkayu dengan mengacu pada visi dan misi bupati dan wakil bupati sebagaimana termuat dalam Nawa Jiwa.

Hal itu dijabarkan dalam strategi pembangunan 3-9-20 yang bermakna, tiga misi pembangunan, sembilan agenda prioritas dan 20 program fokus.

Tema pembangunan yang diangkat tahun ini lanjutnya, yakni 'Mapankan Pembangunan Infrastruktur Untuk Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Daerah Yang Berkualitas'.

Tema itu juga tambahnya, merupakan tindak lanjut dari tema pembangunan nasional dan provinsi.

Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2019 sendiri kata Firman, secara garis besar, menjamin preoritas unggulan daerah, memastikan pelaksanaan program dan menajamkan integrasi sumber pendanaan.

Ia menjelaskan, program prioritas daerah tahun 2019 meliputi, pembangunan bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, perikanan dan kelautan, UMKM, infrastruktur, perkotaan dan lingkungan hidup serta perdesaan.

"Pendekatan penyusunan RKPD 2019 dilakukan dengan perkuatan pelaksanaan kebjiakan money follow program Nawa Jiwa. Penguatan dilaksanakan dengan pendekatan tematik-holistik, integratif dan spasial” sebut Firman.

Sementara lanjut Sekkab, arah kebijakan program tahun 2020 difokuskan pada pengembangan kawasan yang terintegrasi.

"Dengan program pengembangan kawasan pantai dan situs, kawasan kebun buah dan sayuran, kawasan budaya, tradisi dan alam, kawasan rumah kreasi, kawasan sentra inovasi masyarakat, kawasan kuliner, kawasan gerbang perjuangan Pasangkayu,kawasan wonderful Japos, kawasan tanjung Babia- Pasangkayu Beach- Vovasanggayu," papar Firman.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar