Pemprov-DPRD Sulbar siap biayai DOB Balanipa

id Dob Balanipa

Anggota DPRD Sulbar, Abdul Rahim (Antaranews/M Faisal Hanapi)

Ketika nantinya Kabupaten Balanipa terbentuk, maka akan menambah jumlah kabupaten di wilayah Provinsi Sulbar dari enam menjadi tujuh kabupaten
Mamuju (ANTARA) - DPRD Provinsi Sulawesi Barat bersama pemerintah Sulbar bersepakat untuk membiayai pembentukan Balanipa menjadi daerah otonom baru (DOB).

"DPRD dan Pemerintah Provinsi Sulbar bersepakat membiayai Kabupaten Balanipa selama tiga tahun ketika terbentuk menjadi DOB, sesuai dengan kewenangan yang ada," kata anggota DPRD Sulbar, Abdul Rahim di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan, DPRD Provinsi Sulbar bersama Pemerintah Provinsi Sulbar juga bersepakat akan mengawal proses percepatan pembentukan DOB baru Kabupaten Balanipa untuk dimekarkan dari Kabupaten Polewali Mandar sebagai kabupaten induknya.

"Ketika nantinya Kabupaten Balanipa terbentuk, maka akan menambah jumlah kabupaten di wilayah Provinsi Sulbar dari enam menjadi tujuh kabupaten," katanya.

Selain itu akan mempercepat pembangunan dan rentang kendali kekuasaan dan pelayanan kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat, seperti Provinsi Sulbar sekarang ini setelah mekar dari Provinsi Sulsel," kata Rahim yang juga tokoh pejuang pembentukan Provinsi Sulbar.

Ia mengatakan, DPRD Provinsi Sulbar telah meminta dukungan anggaran dari Pemprov Sulbar dalam melakukan langkah tindak lanjut serta melengkapi administrasi untuk proses di tingkat pemerintah pusat.
Pewarta :
Editor: Amirullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar