Dinkes Sulawesi Barat kembangkan desa sehat

id Kesehatan Sulbar,desa sehat,dinkes sulbar,program marasa

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat koordinasi mengembangkan desa sehat, di Mamuju, 27/7 (Antaranews/M Faisal Hanapi)

Mamuju (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat mengembangkan desa sehat melalui Program Mandiri, Cerdas, dan Sehat (Marasa) guna mendukung upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat dr Indahwati Nursyamsi M.Kes. di Mamuju, Jumat, menjelaskan Program Marasa untuk pengembangan desa yang mandiri, cerdas, dan sehat berbasis kawasan pedesaan.

Dia mengatakan upaya mewujudkan kemandirian masyarakat pedesaan dibutuhkan agar desa mampu mendayagunakan dan mengoptimalkan potensi sumber daya manusia, ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup untuk kesejahteraan masyarakat.

"Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa pada pasal 22 terdapat empat penugasan dari pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten dan kota, yakni penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa," katanya.

Ia mengatakan tentang adanya peraturan Gubernur Sulawesi Barat menyangkut Program Desa Marasa yang merupakan salah satu bentuk dukungan bagi pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

"Seksi Perencanaan dan Keuangan Dinkes Sulbar melaksanakan kegiatan pertemuan koordinasi Program Marasa dihadiri Kementerian Kesehatan RI, melibatkan pemerintah kabupaten dan kepala desa serta puskesmas, untuk mewujudkan desa sehat di Sulbar," katanya.

Ia mengatakan desa sehat dibangun sebagai bagian dari upaya  embangun Indonesia dari pinggiran, dengan memperkuat desa dalam kerangka negara kesatuan.

Selain itu, kata dia, meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dengan Program “Indonesia Kerja".
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar